Menteri PUPR Tegaskan Jalan Tol dari Serang - Surabaya Sudah Siap

Adhitya Himawan | Lili Handayani
Menteri PUPR Tegaskan Jalan Tol dari Serang - Surabaya Sudah Siap
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta. [Suara.com/Lily Handayani]

Jalan tol maupun jalan nasional sudah dapat dilalui saat mudik Lebaran 2018.

Suara.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan sejumlah ruas jalan di Pulau Jawa baik jalan tol dan jalan nasional sudah dapat dilalui saat mudik Lebaran 2018.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dari Serang, Banten hingga Surabaya, Jawa Timur sudah tersambung jalan tol dan dapat dilewati untuk mudik.

"Jalan tol kita yang di Pemalang ini sudah akan operasional, kemudian sampai Semarang itu nanti akan fungsional, Salatiga-Solo ini semua sudah akan fungional kecuali di Jembatan Kaligenteng," ungkap Basuki di Lemdiklat Polri, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Ia menjelaskan jika Solo-Ngawi, Sragen-Ngawi juga sudah siap untuk dilayakfungsikan dan Ngawi-Wilangan kemarin sudah diresmikan Presiden. Selanjutnya Wilangan-Kertosono tengah diupayakan agar bisa fungsional.

Selain jalan tol, Basuki menyarankan agar pemudik juga memilih alternatif jalan nasional baik melalui jalur Pantai Selatan (Pansela) dan jalur Pantai Utara (Pantura).

"Di Pansela ini sudah bagus jalannya dari Banten sampai dengan Jogja. Ada sedikit di Kebumen ini belum dilebarkan, dan ada Jogja sampai ke Wonosari sampai ke Ponorogo. Di sepanjang jalan ini juga ada destinasi wisata. Sedangkan di Malang sampai Banyuwangi ini masih belum tersambung," jelasnya.

Basuki mengatakan kementerian PUPR bersama dengan Kementerian Perhubungan akan melakukan pengecekan terakhir kesiapan kondisi jalan-jalan tersebut saat minggu pertama bulan puasa.

"Jadi masih ada waktu dua minggu untuk memberikan kelengkapan-kelengkapan kalau mungkin diperlukan. Kami akan bekerjasama dengan Menteri Perhubungan pada minggu pertama puasa kita akan cek terakhir untuk jalur mudik sebelum nanti bersama dengan bapak Kapolri dan tim keseluruhan final ceknya minggu ketiga sebelum mudik," tuturnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS