Tanpa Rekening Bank, Kirim Uang Bisa Lewat TrueMoney

Iwan Supriyatna | Dian Kusumo Hapsari
Tanpa Rekening Bank, Kirim Uang Bisa Lewat TrueMoney
(kiri ke kanan) Tri Raharjo, CEO Tras n Co Group (berkacamata), Donny Erfan, Head of Remittance TrueMoney Indonesia (tengah), dan Alex Iskandar, CEO IMFocus DigiMarketing berfoto bersama saat penyerahan piagam kepada TrueMoney Indonesia, yang mendapatkan penghargaan di ajang Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPB) 2018. (Dok: TrueMoney)

Cukup membawa KTP dan punya nomor handphone.

Suara.com - Layanan teknologi finansial atau Fintech saat ini terus berkembang dengan pesat di Indonesia. Tak heran jika layanan ini mampu mendorong masyarakat untuk melakukan kegiatan perekonomian dengan mudah, dimana masyarakat bisa melakukan kegiatan perbankan tanpa harus memiliki rekening bank.

PT Witami Tunai Mandiri (TrueMoney) misalnya, sebagai salah satu perusahaan teknologi finansial yang melayani penggunanya untuk pengiriman uang, pembayaran, pembelian, dan penitipan uang, terus mengalami pertumbuhan bisnis.

Salah satu inovasi terbarunya adalah menyediakan jasa pengiriman uang yang bisa dilakukan masyarakat dengan mudah dan tidak menggunakan rekening bank sama sekali.

Head of Remittance TrueMoney Indonesia Donny Erfan mengungkapkan, masyarakat hanya dengan KTP dan nomor telepon pengirim dan penerima, bisa melakukan transaksi pengiriman uang dengan mudah dan cepat seperti transaksi melalui perbankan.

“Jadi masyarakat yang ingin mengirimkan uang cukup membawa KTP dan kiriman uang ditujukan kepada penerima sesuai nama yang tercantum dalam identitas diri masing-masing, tidak perlu menggunakan rekening bank, kiriman uang bisa langsung diambil secara tunai di saat itu juga, penerima cukup membawa identitas diri asli yang masih berlaku dan membawa kode pengiriman uang yang dikenal sebagai kode MTCN, ke toko Alfamart terdekat,” kata Donny saat berbincang dengan Suara.com di kantor TrueMoney, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2018).

Lebih lanjut Donny menjelaskan, bagi masyarakat yang akan kirim dan terima uang melalui Alfamart, masyarakat cukup datang ke 14 ribu cabang Alfamart terdekat, mengisi formulir pengiriman uang, membawa kartu identitas asli yang masih berlaku, dan memiliki nomor telepon yang aktif.

Layanan ini dapat dilakukan oleh semua kalangan masyarakat yang sudah berumur 17 tahun keatas atau memiliki KTP/SIM/Paspor dan berlaku bagi semua pengguna nomor seluler manapun di Indonesia.

“Mudah kan, sama seperti menggunakan jasa perbankan saja, tapi di kami tidak perlu memiliki rekening. Hanya nomor telepon dan KTP saja. Dari segi keamanannya juga dijamin. Karena penerima dan pengirim harus mengisi form terlebih dahulu, dan penerima juga harus menunjukkan KTP asli dan kode MTCN secara bersamaan. Kalau tidak ada, mereka tidak bisa mencairkan. Terus harus menyebutkan juga nama lengkap si pengirimnya,” ujarnya.

Selain Alfamart, lanjut Donny, TrueMoney juga telah bermitra dengan beberapa perusahaan untuk memperluas jasa pengiriman uang ini salah satunya dengan BNI dalam program laku pandai.

Selain itu, mitra jasa pengiriman uang lainnya adalah PT Adisena Mitra Usaha dan PT Madame Express Remitindo.

“Jadi masyarkat tinggal datang ke agen BNI laku pandai ini, langsung bisa melakukan semua layanan jasa yang kami miliki, karena agen BNI laku pandai ini juga tersebar di seluruh wilayah di Indonesia jadi tidak perlu bingung lagi kalau tidak ada Alfamart di daerahnya,” katanya.

Selain itu, untuk menarik minat masyarakat, TrueMoney mengadakan beberapa promo. Promo tersebut diumumkan melalui akun Instagramnya @Truemoneyid. Promo teranyarnya adalah gratis kirim uang dua kali sebulan.

“Iya kami suka mengadakan promo, biasanya kami infokan melalui akun instragram kami. Kemarin ada promo kirim uang dapat uang, terus ada juga beli tiket kereta melalui TrueMoney bisa dapat diskon 10 sampai 20 persen ini kan lumayan. Pokoknya kalau cari promo-promo pantau terus Instagram kami itu, kami suka kasih pengumuman promo disana,” ujarnya.

Dengan adanya program ini, Donny berharap TrueMoney bisa membantu masyarakat untuk mempermudah mengakses layanan keuangan tanpa harus memiliki rekening bank terlebih dahulu.

“Harapan kami dengan adanya layanan kirim dan terima uang ini, TrueMoney bisa memberikan layanan prima, solusi serta nilai tambah dan menjadi pilihan utama bagi masyarakat sebagai metode alternative mengirimkan uang di dalam negeri tanpa menggunakan rekening bank. Ini sesuai dengan misi TrueMoney untuk menjadi layanan kirim dan terima uang nomor satu pilihan masyarakat, terpercaya dengan biaya terjangkau,” ujarnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS