Diresmikan Jokowi, Tol Pejagan - Pemalang Beroperasi Hari Ini

Iwan Supriyatna
Diresmikan Jokowi, Tol Pejagan - Pemalang Beroperasi Hari Ini
Jalan Tol Pejagan - Pemalang seksi III dan IV di Tegal, Jawa Tengah resmi beroperasi pada hari ini. (Dokumen: Kementerian BUMN)

"Jalan tol Pejagan Pemalang sepanjang 57,5 kilometer telah beroperasi,"

Suara.com - Jalan Tol Pejagan - Pemalang seksi III dan IV di Tegal, Jawa Tengah resmi beroperasi pada hari ini, Jumat (9/11/2018). Peresmian dilakukan langsung Presiden Jokowi.

Seksi III terdiri dari ruas Brebes Timur – Tegal sepanjang 10,4 kilometer dan Seksi 4 dengan ruas Tegal – Pemalang sepanjang 26,9 kilometer.

"Peresmian operasional seksi III dan IV hari ini melengkapi Jalan tol Pejagan – Pemalang seksi I dan II. Ini artinya keseluruhan jalan tol Pejagan – Pemalang sepanjang 57,5 kilometer telah beroperasi," kata Menteri BUMN Rini Soemarno.

Dengan terkoneksinya Pulau Jawa melalui jalan tol, akan memberikan dampak bagi perekonomian. Pertama, biaya logistik yang lebih murah karena akses transportasi yang lebih cepat dan efisien.

Hal itu juga kemudian akan diikuti dengan terbukanya lapangan kerja serta menggerakan kegiatan perekonomian di daerah yang dilalui ruas tol Trans Jawa.

"Saya pun selalu menekankan kepada BUMN agar turut aktif dalam menangkap dan memaksimalkan setiap dampak positif dari kehadiran jalan tol. Sehingga memacu pertumbuhan roda perekonomian masyarakat setempat dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik berkat adanya jalan tol," ungkap Rini.

Direktur Utama Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra menambahkan, beroperasinya jalan tol yang merupakan bagian dari jaringan jalan tol Trans Jawa ini akan meningkatkan aksesibilitas di wilayah Jawa Tengah.

"Tol ini juga akan mendorong pengembangan potensi ekonomi daerah yang pada akhirnya akan berpengaruh pada ekonomi nasional secara keseluruhannya," imbuhnya.

Sebagai informasi, Proyek Jalan Tol Pejagan – Pemalang seksi III & IV (ruas Brebes Timur – Pemalang) diperoleh Waskita pada tahun 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp 3,7 triliun. Jalan Tol Pejagan – Pemalang seksi III & IV memiliki tiga Gerbang Tol (GT). Yakni GT Brebes Timur, GT Tegal, dan GT Pemalang.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS