Presiden Jokowi Dapat Laporan dari Buwas Harga Beras Mulai Turun

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Presiden Jokowi Dapat Laporan dari Buwas Harga Beras Mulai Turun
Presiden Jokowi blusukan ke Gudang Bulog, Jakarta Utara, Kamis (10/1). [Suara.com/ Ummi Hadyah Saleh]

"Saya dapat informasi dari Kepala Bulog harga di Cipinang trennya turun."

Suara.com - Presiden Jokowi menyebutkan bahwa harga beras ‎di pasar mulai turun. Salah satunya harga beras di Pasar Induk Cipinang , Jakarta Timur.

"‎Tadi saya dapat informasi dari Kepala Bulog harga di Cipinang trennya turun. Karena beberapa hari ini Bulog sudah melakukan Operasi Pasar untuk memberikan suplai untuk pasar-pasar yang membutuhkan‎," kata dia saat mengunjungi Gudang Bulog Divre DKI Jakarta-Banten di Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (10/1/2018).

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, operasi pasar diyakini sangat efektif untuk menurunkan harga beras‎ di pasar. Apalagi, lanjut dia, sebentar lagi petani memanen padi, sehingga bisa menambah stok beras.

"Sudah saya sampaikan tren harga beras mulai turun, sebentar lagi Februari dan Maret mulai masuk panen raya ini akan mempengaruhi suplai‎," tuturnya.

Jokowi menambahkan, pemerintah juga berusaha untuk menjaga keseimbangan harga antara petani dan masyarakat.

"Ya memang stabilitas diperlukan, kalau kita mau harga turun drastis suplai aja ke pasar tapi harga petani rugi. Keseimbangan antara harga produksi dengan pasar harus dijaga Bulog, tidak bisa harga terlalu murah petaninya akan sulit‎," pungkasnya.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, harga rata-rata beras di semua provinsi pada Kamis (10/1/2019) sebesar Rp 11.600 per kilogram atau turun dari harga hari sebelumnya yang sebesar Rp 11.900 per kilogram.

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS