Bukan Guru, Ini 10 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan 5 Tahun ke Depan

Arsito Hidayatullah
Bukan Guru, Ini 10 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan 5 Tahun ke Depan
Ilustrasi pekerjaan desainer, perancang busana. [Shutterstock]

Ada beberapa pekerjaan khusus yang justru akan banyak dibutuhkan di masa depan.

Suara.com - Apa pekerjaan yang Anda inginkan? Sudahkah Anda merasa terjamin dengan pekerjaan yang saat ini dilakukan? Mengingat perkembangan teknologi semakin pesat, tenaga kerja yang dibutuhkan sekarang bisa jadi tidak sama dengan lima tahun ke depan.

Contoh konkret yang dapat dilihat adalah pengantar surat yang saat ini tidak lagi dibutuhkan akibat adanya aplikasi pengirim pesan otomatis pada telepon genggam. Selain itu, masih banyak contoh lainnya.

Fenomena yang terjadi saat ini tentu saja menimbulkan rasa khawatir, terutama bagi generasi muda. Akan tetapi, ada beberapa pekerjaan yang justru paling dibutuhkan di masa depan.

Meskipun pamornya belum tinggi, orang-orang yang bekerja di bidang ini dipercaya akan tetap bertahan, meskipun kecanggihan teknologi semakin menggerus manusia. Lalu, jenis pekerjaan apa saja yang semakin dibutuhkan dalam 5 tahun ke depan?

Jangan lewatkan! Berikut 10 pekerjaan yang paling dibutuhkan setidaknya dalam lima tahun tahun nanti, seperti dikutip dari Cermati .com.

1. Ahli Matematika

Karier seseorang yang ahli matematika tidak hanya sebatas menjadi guru atau dosen saja, tetapi juga dalam perkembangan teknologi di masa depan. Beberapa perancangan teknologi tak akan lepas dari ilmu matematika, seperti statistik, logika simbolik, algoritma pemrograman, dan lain sebagainya.

Bagi yang lihai matematika, sebaiknya asah lagi kemampuan matematika tersebut, agar Anda mampu bersaing dalam pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan dan pengembangan perangkat lunak (software).

2. Programmer

Perancangan aplikasi pada dasarnya bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia yang memiliki mobilitas tinggi. Untuk merancang aplikasi, dibutuhkan bantuan programmer atau orang yang ahli di bidang komputer agar aplikasi dapat berjalan maksimal.

Permintaan jasa programmer pun semakin bertambah akibat pertumbuhan perusahaan startup yang semakin pesat. Jika Anda memahami bahasa pemrograman sekaligus informasi keamanan komputer, pekerjaan ini cocok untuk Anda.

3. Ahli Pemasaran

Meskipun pemasaran dapat dilakukan lewat media online, tetapi sumber daya manusia di bidang pemasaran tetap dibutuhkan. Sebab, sebelum memasarkan produk, perusahaan perlu mengamati kondisi pasar yang sesungguhnya.

Dalam hal ini, SDM di bidang pemasaran-lah yang paling dibutuhkan. Selain mampu mengamati pasar, marketing harus mampu berkomunikasi dengan baik agar konsumen tertarik pada produk yang dipasarkan.

4. Perancang Busana

Industri di dunia fashion juga tak akan ada matinya, apalagi dengan gaya hidup masyarakat yang semakin meningkat. Itulah kenapa jasa seorang perancang busana atau desainer tetap dibutuhkan, demi mendapatkan busana yang unik, modis, dan berkualitas.

5. Engineer

Pembukaan lapangan kerja di bidang engineer atau teknik akan terus bertumbuh hingga puluhan tahun ke depan. Hal ini tak lepas dari pertumbuhan di bidang robotik, biokimia, nanoteknologi dan material, yang mengalami peningkatan cukup signifikan dari tahun ke tahun.

6. Ahli Kesehatan

Selain menyembuhkan penyakit, jasa seorang dokter juga dibutuhkan untuk mendeteksi virus dan wabah penyakit yang berkembang di lingkungan. Selain dokter, jasa perawat, ahli obat-obatan atau farmasi, dan psikolog, juga dibutuhkan.

Apalagi sekarang ini masyarakat di dunia semakin rentan terkena depresi dan gangguan mental akibat tekanan dari lingkungan di sekitarnya, apakah itu lingkungan kerja atau keluarga, dan lainnya.

7. Konsultan Keuangan

Dalam 5 tahun mendatang, jasa konsultan keuangan juga semakin dibutuhkan, karena pertumbuhan bisnis dan perdagangan semakin pesat. Tanpa jasa konsultan, pengelolaan keuangan suatu bisnis pasti berantakan, apalagi jika pengelola bisnis tidak memiliki dasar di bidang akuntansi.

Bagi siapa pun yang sedang menempuh pendidikan di bidang keuangan, bersyukurlah karena kehadiran Anda sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam beberapa tahun ke depan.

8. Analis Data

Meningkatnya permintaan analis data tak lepas dari pesatnya pertumbuhan di bidang machine learning, nanoteknologi, robotika, dan bioteknologi.

Pada bidang ini, analis data bertugas untuk menganalisa informasi mentah, kemudian disusun menjadi informasi terstruktur yang siap dipakai oleh suatu perusahaan. Persentase permintaan jasa analis data diperkirakan mengalami kenaikan sebesar 20% pada tahun 2020-an nanti.

9. Penulis

Perusahaan juga membutuhkan jasa seorang penulis dalam hal memasarkan produk, terutama untuk menuliskan deskripsi produk, kelebihan dan kelemahan produk. Jadi, tak heran semakin banyak penulis yang dibutuhkan di era digital seperti sekarang.

Jika Anda lihai mengolah informasi menjadi kata-kata yang mudah dipahami orang lain, pekerjaan ini patut diperhitungkan dalam perjalanan karier Anda.

10. Influencer

Influencer dapat diartikan sebagai seorang panutan di media sosial, yang tugasnya untuk memengaruhi orang lain dalam hal tertentu, misalnya fashion, make up, ataupun gaya hidup.

Kehadiran influencer dipercaya dapat menghemat pengeluaran perusahaan dalam memasarkan suatu produk, misalnya produk fashion. Sebab, bayaran seorang influencer biasanya lebih murah dibandingkan bayaran seorang model.

Perbanyak Relasi dalam Upaya Menggapai Karier

Ingin menjadi dokter, konsultan keuangan atau desainer? Kuncinya sangat sederhana, yaitu perluaslah wawasan dan asah terus kemampuan Anda pada bidang pekerjaan yang diinginkan.

Selain itu, perbanyak juga relasi, karena kesuksesan Anda tak pernah lepas dari pengaruh orang-orang yang ada di sekitar.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Tips Meningkatkan Percaya Diri di Kantor agar Karier Cemerlang

Tips Membangun Karier Cemerlang Berdasarkan Tipe Kepribadian

Cara Cepat Dapat Pekerjaan Setelah Lulus SMA atau SMK

Published by
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS