Bank Mandiri Siapkan Rp 200 Miliar Beri Kredit Modal ke Pelapak Bukalapak

Reza Gunadha | Achmad Fauzi
Bank Mandiri Siapkan Rp 200 Miliar Beri Kredit Modal ke Pelapak Bukalapak
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyediakan dana pembiayaan kredit modal kerja sekitar Rp 200 ‎miliar kepada mitra pelapak di Bukalapak. [Suara.com/Achmad Fauzi]

"Bagi Bukalapak, kalau pelapak dikasih kredit, omset bisa meningkat," ujarnya

Suara.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk  menyediakan dana pembiayaan kredit modal kerja sekitar Rp 200 ‎miliar kepada mitra pelapak di Bukalapak .

Dengan begitu, pelapak di Bukalapak bisa mengembangkan usahanya dengan meminjam modal ke Bank Mandiri.

Pemberian kredit modal kerja tersebut tertuang dalam kerja sama antara kedua intitusi tersebut. Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang ‎mengatakan, pelapak hanya bisa maksimal meminjam modal kerja sebesar Rp 200 juta.‎‎

"Bukalapak ini sekarang jadi outlet saya jual produk mikro. Bagi pengusaha, dia bisa dapat aproval pinjaman dengan akses cepat. Bagi Bukalapak, kalau pelapak dikasih kredit, omset bisa meningkat," ujarnya di Plaza Mandiri, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, Senin (28/1/2019).

Donsuwan menuturkan, proses pengajuan kredit para pelapak juga akan cepat. Karena, Bank Mandiri akan menggunakan basis data Bukalapak untuk menyetujui pinjaman kredit modal ke pelapak.

Hingga Desember 2018, Bank Mandiri telah menyalurkan pembiayaan modal kerja sebesar Rp 78,23 triliun kepada pelaku UMKM di Tanah Air.

"Jadi, berbasis data Bukalapak. Kan lengkap, berapa transaksi per hari, sehingga proses kreditnya cep‎at," tutur dia.

Co-Founder & President Bukalapak, M Fajrin Rasyid mengatakan, saat ini terdapat 4 juta pelapak yang aktif di Bukalapak. Meski begitu, tidak semua pelapak yang laik mendapatkan kredit modal.

"Kalau ratusan ribu ada (yang laik ajukan kredit). Mungkin ‎tahap pertama puluhan ribu. Nanti kita kalau bagus, minatnya banyak. Kita ekspan lebih banyak lagi."

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS