Menkominfo: Investasi Unicorn Hadir untuk Selesaikan Masalah di Masyarakat

Ade Indra Kusuma
Menkominfo: Investasi Unicorn Hadir untuk Selesaikan Masalah di Masyarakat
Seminar Investasi Unicorn - Forum Merdeka Barat 9 yang digelar di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019).

Rudiantara akui pastinya akan memberikan kemudahan untuk perusahaan start-up terdaftar di Indonesia.

Suara.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menanggapi keresahan sebagian masyarakat tentang investasi Unicorn di Indonesia.

"Jadi kalau ditanyakan Unicorn untuk siapa maka yang jelas adalah untuk masyarakat kita. Baik itu yang memudahkan aktifitas sehari-hari, menciptakan lapangan pekerjaan serta memanfaatkan teknologi digital," ungkapnya dalam Forum Merdeka Barat 9 bertema "Investasi Unicorn untuk Siapa?" di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa, (26/02/2019).

Menurut Rudiantara kehadiran Unicorn justru menjadi bagian penting untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial.

"Karena mereka (Startup dan Unicorn) mampu menyelesaikan permasalahan di Indonesia, menyelesaikan permasalahan masyarakat. Contoh Gojek, kenapa tidak ditutup? Karena mempermudah transportasi di Indonesia. Atau, apa mau Traveloka ditutup? Kan tidak," beber Rudiantara

Menteri Rudiantara mencontohkan, salah satu Unicorn di Indonesia yaitu Traveloka yang memudahkan masyarakat untuk memesan tiket pesawat, kamar hotel atau lain sebagainya hanya dengan aplikasi di gadget.

Menteri Rudiantara menjelaskan pertumbuhan startup digital dan Unicorn di Indonesia sangat cepat, karena sejalan dengan perkembangan teknologi yang juga sangat cepat.

Rudiantara mengaku pastinya akan memberikan kemudahan untuk perusahaan startup terdaftar di Indonesia.

"Pemerintah justru dari sisi regulasi mempermudah masyarakat, kalau ada yang sudah siap menjadi Startup di Indonesia tidak perlu minta izin ke Kominfo, ke Kominfo hanya registrasi, registrasinya pun online. Jadi kalau tidak perlu ijin ya tidak perlu ijin, ijinnya nanti di sektor. Contohnya fintech, ijinnya ya ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan)," lanjut Rudiantara.

Selain itu, Menteri Rudiantara juga menjelaskan Pemerintah melalui Kementerian Kominfo terus berupaya memberikan fasilitas di bidang teknologi untuk masyarakat. Salah satunya melalui Program 1000 Startup Digital. Program itu ditujukan untuk menyiapkan pelaku-pelaku bisnis yang ingin menjadi Startup dan Unicorn.

"Kita fasilitasi masyarakat agar bagaimana mereka diinkubasi dan diakselerasi. Jadi, pemerintah saat ini melakukan akselerasi seperti banyaknya Startup yang bagus-bagus dan berkualitas tapi masih minim pendanaan. Sehingga, program 1000 Startup merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memfasilitasi masyarakat," pungkasnya. [Muslimin]

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS