Deflasi Februari Berkat Turunnya Harga Telur, Ayam Hingga Cabai

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Deflasi Februari Berkat Turunnya Harga Telur, Ayam Hingga Cabai
Aktivitas jual beli telur ayam di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta. [Suara.com/Oke Atmaja]

Pada Februari 2019 harga beberapa komoditas mengalami penurunan.

Suara.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Februari 2019 mengalami deflasi 0,08 persen. Artinya, pada Februari 2019 harga beberapa komoditas mengalami penurunan.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti mengatakan, jika dipilah per kelompok deflasi tertinggi dialami oleh bahan makanan dengan menyumbang deflasi 1,11 persen dan memberikan andil pada deflasi Februari sebesar 0,24 persen.

"Komoditas yang memberikan sumbangan deflasi. Itu daging ayam ras, cabai merah, telur ayam ras, bawang merah, cabai rawit, ikan segar, wortel dan jeruk," kata Yunita di Kantor BPS, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

Yunita menambahkan, meski beberapa harga komoditas mengalami penurunan, tapi terdapat beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Februari 2019.

"Komoditas yang mengalami kenaikan harga antara lain, tarif angkutan udara, tarif sewa rumah, beras, mie kering instant, bawang putih, nasi dengan lauk, rokok kretek filter, tarif kontrak rumah, upah pembantu rumah tangga, dan mobil," imbuh dia.

Dalam hal ini, pada Februari 2019 BPS mencatat inflasi tahun kalender sebesar 0,24 persen, dan inflasi dari tahun ke tahun sebesar 2,54 persen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS