Penumpang dan Pemberi Pinjaman Tetap Setia pada Ethiopian Airlines

RR Ukirsari Manggalani | Achmad Fauzi
Penumpang dan Pemberi Pinjaman Tetap Setia pada Ethiopian Airlines
Ethiopian Airlines, Boeing 737, tengah berada di bandara Mahe, Seychelles. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Meski pesawat jatuh, maskapai beroperasi. Tak ada pembatalan tiket atau penghentian kredit.

Suara.com - Kecelakaan pesawat yang dialami Ethiopian Airlines tak membuat penumpang dan para pemberi pinjaman kabur. Keduanya tetap setia untuk mendukung serta memberikan pinjaman kepada Ethiopian Airlines.

Menurut perusahaan penerbangan ini, kepercayaan penumpang atas maskapai tetap stabil. Hal itu dilihat dari tak adanya pembatalan pemesanan tiket pesawat selepas kecelakaan.

Staf PBB berduka atas insiden jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines yang merenggut 21 nyawa rekannya. (Foto: AFP)
Staf PBB berduka atas insiden jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines yang merenggut 21 nyawa rekannya. (Foto: AFP)

"Kami beroperasi seperti biasa. Merek kami menjaga levelnya, dan kami baik-baik saja," kata juru bicara maskapai Ethiopian Airlines, Asrat Begashaw seperti dikutip dari Reuters, Rabu (20/3/2019).

Tak hanya penumpang, dua sumber perbankan dengan pengetahuan tentang masalah ini mengatakan, bank masih nyaman meminjamkan dana kepada Ethiopian Airlines.

"Ethiopian Airlines adalah perusahaan yang solid," kata seorang pejabat yang tak disebutkan namanya, dari bank internasional yang membantu membiayai akuisisi beberapa pesawat Ethiopian Airlines.

"Tidak ada alasan untuk mengubah cara bank melihat risiko kreditnya pada saat ini," lanjutnya.

Suara kepercayaan dari kreditur penting bagi maskapai, karena tahun-tahun ekspansi yang cepat, sebagian besar dibiayai oleh pinjaman internasional.

Selain itu, seorang bankir penerbangan top Eropa, mengatakan Ethiopian Airlines adalah maskapai penerbangan yang baik, dengan reputasi yang baik.

"Jadi kecuali itu (kecelakaan) adalah masalah utama uji coba atau pemeliharaan—dan masih terlalu dini untuk membicarakan hal itu—mereka masih akan memiliki akses ke pembiayaan," tambah sumber tadi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS