Berminat Kerja Kantoran? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Arsito Hidayatullah
Berminat Kerja Kantoran? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya
Ilustrasi karier, pekerja kantoran. (Shutterstock)

Menjadi pekerja kantoran memang terlihat ideal dan menarik, namun juga ada sisi buruk selain sisi baiknya.

Suara.com - Bekerja dan mendapatkan jabatan di perusahaan ternama merupakan keinginan banyak orang, terutama mereka yang sejak awal secara serius ingin menekuni karier di sebuah perusahaan tertentu.

Nah, bagi kamu yang baru saja lulus dan akan bekerja pertama kalinya, tentu akan sangat bersemangat dan memiliki beragam persiapan khusus terkait dengan hal ini.

Menjadi pekerja kantoran memang terlihat ideal dan menarik. Apalagi jika di sana kamu bisa mendapatkan beragam fasilitas yang cukup memadai.

Namun pada kenyataannya, kerja kantoran tentunya juga memiliki sisi buruk, selain sisi baiknya. Hampir semua pekerja tentunya merasakan hal yang sama ketika bekerja sebagai karyawan kantoran.

Memahami plus-minus ketika bekerja kantoran tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut kelebihan dan kekurangan kerja kantoran.

1. Kelebihan Kerja Kantoran

Untuk menjadi pekerja kantoran yang profesional, kamu tentu membutuhkan banyak usaha dan juga kerja keras. Selain penghasilan, ada beberapa sisi kelebihan yang akan kamu dapatkan dari aktivitas yang satu ini:

  • Mendapatkan fasilitas dan lingkungan kerja yang memadai

Sebagai pekerja kantoran, kamu akan mendapatkan fasilitas pendukung yang memadai, tergantung pada jenis perusahaan. Selain itu, kamu juga bisa menemukan lingkungan kerja yang nyaman dan profesional.

Semua ini akan mendukung kamu untuk bisa bekerja dengan nyaman dan tenang, sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih maksimal.

  • Belajar disiplin dan mengelola waktu

Menjadi pegawai kantoran yang terikat dengan jam kantor dan juga beragam kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan, kamu akan terbiasa disiplin dalam bekerja. Hal ini akan membuatmu lebih mudah dalam mengelola waktu, bahkan di dalam keseharianmu juga.

  • Mengasah skill dan kemampuan berkomunikasi

Tidak hanya bekerja semata, menjadi pekerja kantoran juga akan memberimu kesempatan untuk belajar dan mengasah skill dengan maksimal. Kamu bisa belajar untuk mengasah kemampuan berkomunikasi, termasuk di berbagai forum resmi yang diadakan oleh perusahaan.

  • Belajar tentang dunia bisnis

Tidak hanya kemampuan yang kamu punya, berbagai hal lainnya juga bisa dipelajari ketika bekerja kantoran. Kamu bisa memelajari tentang dunia bisnis lebih dalam, terutama terkait dengan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.

2. Kekurangan Kerja Kantoran

Namun, bukan hanya sisi kelebihan saja, kerja kantoran juga memiliki sisi kekurangan yang tentu saja perlu kamu pertimbangkan. Berikut ini adalah beberapa kekuarangan yang akan kamu temukan saat bekerja kantoran:

  • Rutinitas yang monoton

Berangkat pagi dan pulang sore selama 5 hingga 6 hari dalam sepekan. Inilah rutinitas harian yang akan kamu hadapi ketika menjadi pekerja kantoran.

Rasa lelah dan bosan tentu akan menjadi hal yang sulit untuk diabaikan, terutama di saat-saat kamu memiliki banyak pekerjaan di kantor.

Rutinitas yang monoton ini menjadi salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh pekerja kantoran, bahkan meski mereka sudah bekerja cukup lama di sebuah perusahaan.

  • Gangguan kesehatan

Kesibukan yang sangat tinggi selama bekerja sangat rentan menimbulkan tekanan dan juga stres bagi pekerja kantoran. Duduk terlalu lama, bekerja di depan komputer untuk waktu yang panjang, kurang istirahat dan berbagai hal lainnya, juga kerap menjadi pemicu timbulnya berbagai gangguan kesehatan.

Semua ini bahkan bisa saja semakin memburuk, jika tidak kamu imbangi dengan pola hidup serta pola makan yang sehat dan seimbang. Jadi, olahraga jangan sampai terlewatkan.

  • Penghasilan yang tidak sepadan

Ini menjadi salah satu masalah yang paling banyak dikeluhkan oleh pegawai kantoran, di mana mereka tidak mendapatkan gaji yang sepadan atas pekerjaan yang mereka selesaikan.

Penghasilan yang kecil dan tidak sesuai ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi kamu yang baru bekerja pertama kalinya dan belum memiliki pengalaman terkait dengan hal ini.

  • Konflik dengan rekan kerja

Ketika bekerja di kantor, maka kamu tentu akan bergaul dan menghabiskan banyak waktu di lingkungan kantor tersebut.

Pekerjaan yang menumpuk, masalah pribadi dan hal lainnya, sangat mungkin membuat kamu berkonflik dengan sesama rekan kerja, bahkan mungkin juga dengan atasan. Berbagai konflik ini tentu akan sangat menyita tenaga dan juga pikiran.

Pahami Kelebihan dan Kekurangannya, Kelola dengan Baik

Kerja kantoran akan menghadapkan kamu pada berbagai tantangan, termasuk sisi plus dan minus yang cukup beragam. Kamu perlu memahami berbagai hal ini, sehingga bisa dengan mudah mengatasi dan mengelolanya dengan baik. Jika bisa, itu akan membuatmu lebih nyaman dan bisa menikmati lingkungan kantor dengan lebih menyenangkan.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Perusahaan BUMN Idaman Buat Para Pencari Kerja

Mengenal Alibaba Grup, Kerajaan Bisnis Milik Jack Ma dari China

9 Pilihan Ide Bisnis Online ini Bisa Dilakukan Tanpa Modal

Published by

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS