Erha Luncurkan E-commerce Produk Kesehatan Kulit

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Erha Luncurkan E-commerce Produk Kesehatan Kulit
Head Business of Erhastore Afril Wibisono. (Dokumentasi: Erha)

Semua barang kini bisa didapatkan tanpa harus datang ke toko.

Suara.com - E-commerce saat ini sedang menjamur di Indonesia. Semua barang kini bisa didapatkan tanpa harus datang ke toko.

Saat ini, e-commerce juga merambah semua sektor, mulai dari otomotif, hingga produk-produk kesehatan tak terkecuali, e-commerce di sektor produk perawatan tubuh, kecantikan maupun kesehatan kulit.

Belum banyak e-commerce yang menjual khusus perawatan tubuh dan kecantikan. Namun kini, terdapat e-commerce yang menyediakan produk perawatan dan kecantikan, yaitu Erhastore.co.id.

Di dalam Erhastore.co.id dijajakan produk-produk buatan Erha, sehingga Anda bisa melakukan perawatan wajah atau mempertahankan kecantikan sendiri di rumah.

Head Business of Erhastore, Afril Wibisono menerangkan, e-commerce Erhastore.co.id masih terbilang baru. Dia menyebut Erhastore.co.id baru diluncurkan pada bulan Februari 2019.

"Soft launchingnya sih akhir Januari kemarin, tapi ini baru diluncurin Februari tahun ini," kata Afril saat ditemui di kantornya, Gedung Treasury District 8 Kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Menurut Afril, salah satu latar belakang Erha membuat Erhastore.co.id untuk mengubah persepsi masyarakat bahwa ERHA bukan hanya klinik saja, tetapi memiliki produk tanpa resep atau Over The Counter (OTC) kecantikan sendiri tanpa harus datang ke klinik.

"Jadi orang enggak perlu ke klinik tapi bisa, nah kita mengubah persepsi itu. Jadi itu bisa diakses siapapun, masih banyak daerah yang belum ada kliniknya nah itu otomatis ya hopefully secara positif ini market yang kita bangun. Jadi walaupun kliniknya belum ada tapi dia bisa akses produk kita," jelas dia.

Afril menambahkan, Erhastore.co.id juga bisa mengubah persepsi dari bahwa perawatan kecantikan di Erha itu mahal. Pasalnya banyak produk-produk perawatan kecantikan yang bisa didapat dengan harga terjangkau tanpa resep dokter dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

"Jadi ini juga menjangkau daerah yang belum memiliki klinik. Saat ini, kita banyak customer di luar Jawa, misalnya Sulawesi dan NTB," tutur dia.

Sasar Kaum Milenial

Afril mengaku, Erhastore.co.id dibuat untuk menyasar para kaum milineal. Terutama para wanita muda yang senang dengan merawat kecantikan. Apalagi, harga produknya tak membuat kantong para wanita jadi kering.

Dari 123 produk buatan Erha dijajakan di Erhastore.co.id harga yang termurah yaitu mulai dari harga Rp 25.000. Selain itu, terdapat juga produk paketan, sehingga kaum milenial tidak membeli secara satuan.

"Kalau spesifik penanganan khusus itu memang lebih mahal. Tapi kalau anti aging, mencegah kerutan, kita sama saja dengan kompetitor lainnya. Maksudnya masih bisa kompetitif, ada yang dari harga Rp 25.000 dan facial wash Rp 60.000," ucap dia.

Namun tak perlu takut produk di Erhastore.co.id bukan produk palsu. Afril menjamin, produk yang dijajakan di Erhastore.co.id adalah produk asli yang diproduksi dari perusahan afiliasinya.

Bisnis E-commerce Menjanjikan

Afril menyatakan, masuknya Erha ke bisnis e-commerce sangat mujur. Pasalnya, dia mengklaim penjualan produk kencantikan paling tinggi. Meskipun, masih kalah dengan barang elektronik, tapi pertumbuhan produk kecantikan merangkak naik.

"Kita rapat dengan marketplace, di beberapa e-commerce tetap elektronik market size-nya gede, cuma growthnya landai, enggak signifikan. Kalau skin care belanja lewat e-commerce itu naik terus," imbuhnya.

Terkait pengiriman, para wanita muda juga tak perlu takut karena Erhastore sudah menggandeng jasa pengiriman yaitu JNE.

Tapi, jika ingin barang lebih cepat datang, Erhastore juga menyediakannya yaitu lewat Go-Jek. Namun, untuk pengiriman Go-Jek hanya dikhususkan pelanggan yang berada di Jakarta dan sekitarnya.

Kendati begitu, Afril mengaku bakal kerja sama dengan jasa pengiriman lainnya.

"Kita juga kasih promo ongkir, misalnya belanja minimal Rp 300.000 gratis ongkir. Kita juga bakal kirim ke luar negeri, terutama seperti Singapura dan Malaysia. Karena banyak pelanggan kita di sana," kata dia.

Afril menargetkan pertumbuhan bisnis Erhastore.co.id bisa tumbuh hingga 40 persen. Pasalnya kembali lagi, bahwa bisnis e-commerce sangat menjanjikan.

Misalnya, per Februari saja sudah terdapat 60.000 pengguna yang mengakses Erhastore.co.id. Dari jumlah sebanyak 1.500 pesanan yang sudah dibayarkan. Rata-rata nilai transaksinya pun sekitar Rp 267.000 per orang.

"Pasarnya masih besar sekarang enggak sampai 5 persen digital marketing dan belum optimal, belum lagi kita masuk marketplace lain Bli-Bli, Tokopedia, Grab, Happy Fresh, Lazada, JD.id, dan Zalora. Jadi sudah pasti growth, ekspektasi 40 persen di semester 1," terangnya.

Kendati demikian, Brand & Public Relations Senior Manager dari induk usaha Erhastore.co.id, Amriel Aditya mengklaim bisnis Erha Clinic masih terus berjalan dan berkembang. Dia menambahkan jika bisnis keduanya tak saling menganggu.

“Dengan beroperasinya Erhastore sejauh ini tidak akan mengganggu perluasan dan pengembangan bisnis dari Erha Clinic. Saat ini kami sudah ada sekitar hampir 100 klinik di seluruh Indonesia. Terakhir kami buka cabang baru di Kendari dan Banda Aceh," tutup dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS