facebook

Disentil Jonan dan Menhub, Blue Bird Kini Luncurkan 29 Taksi Mobil Listrik

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Disentil Jonan dan Menhub, Blue Bird Kini Luncurkan 29 Taksi Mobil Listrik
Blue Bird luncurkan taksi berbahan bakar listrik. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Taksi mobil listrik Blue Bird akan melayani masyarakat Indonesia mulai Mei 2019.

Suara.com - Perusahaan taksi Blue Bird resmi menggunakan mobil dengan tenaga listrik untuk armada taksinya. Setidaknya terdapat 29 mobil listrik akan menambah armada taksi Blue Bird.

Direktur Blue Bird, Adrianto Djokosoetono mengatakan, penggunaan mobil listrik berkat sentilan dari pemerintah terkait langkah perusahaan untuk menurunkan kadar emisi.

Sehingga, pria yang akrab disapa Andre ini memutuskan untuk menggunakan mobil listrik untuk armada taksinya.

"Lebih dari dua tahun lalu saya disentil pak Jonan, apa perusahaan taksi bisa lakukan untuk menurunkan emisi. Lalu, gak berapa lama pak BKS (Budi Karya Sumadi) juga tanya ke saya, mobil listrik gimana?" kata Andre saat peluncuran taksi mobil listrik di Kantor Pusat Blue Bird, Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2019).

Baca Juga: Peraturan Mobil Listrik Tak Kunjung Rampung? Menperin: Tunggu Tanggal Main

"Selama setahun lalu kami menghadap berbagai macam instansi, ESDM, Perhubungan, Keuangan, Pemda, BPTJ untuk membuat rencana, yang hari ini kita selesaikan jadi realisasi," Andre menambahkan.

Adapun, armada mobil listrik tersebut untuk layanan Bluebird dan Silverbird, yaitu BYD e6 A/T sebanyak 25 unit dan Tesla Model X 75D A/T sebanyak 4 unit yang akan melayani masyarakat Indonesia mulai Mei 2019.

Sementara di tempat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, kehadiran taksi dengan mobil listrik menandakan bahwa Indonesia sedang bergerak maju.

Maka dari itu pihaknya mendukung angkutan umum bisa menggunakan tenaga listrik.

Dalam hal ini, Luhut bakal memberi insentif kepada perusahaan angkutan umum yang armadanya menggunakan kendaraan bertenaga listrik.

Baca Juga: Luhut Sebut Grab Bawa Miliaran Dolar AS untuk Mobil Listrik di Indonesia

Akan tetapi, mantan Kepala Staf Presiden ini tak merinci insentif apa yang akan diberikan pemerintah.

Komentar