Catat, Ini 7 Cara Mudah untuk Menyegarkan Otak

Arsito Hidayatullah
Catat, Ini 7 Cara Mudah untuk Menyegarkan Otak
Ilustrasi stres, suntuk, beban kerja otak. (Shutterstock)

Pikiran yang tenang dan segar akan membantu Anda untuk tampil maksimal di kantor.

Suara.com - Apakah hasil kerja Anda belakangan kurang maksimal karena diselimuti rasa bosan? Jika Anda pernah atau sedang merasakan hal ini, artinya Anda butuh refreshing agar otak kembali bekerja seperti semula.

Pikiran yang tenang dan segar akan membantu Anda untuk tampil maksimal di kantor, sehingga produktivitas kerja terjaga dengan baik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyegarkan otak dan pikiran.

Apa saja caranya? Tak sulit sebenarnya. Berikut 7 cara menyegarkan otak yang bisa Anda lakukan dengan mudah, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Sisihkan Waktu untuk Istirahat dari Pekerjaan

Tumpukan kertas yang berserakan di meja kerja sangat mengganggu pemandangan, bahkan dapat menimbulkan stres. Daripada semakin stres, pergilah ke suatu tempat untuk rehat sejenak.

Tak perlu jauh-jauh, Anda bisa jalan-jalan di sekitar taman atau komplek perkantoran, untuk menghirup udara segar sambil menenangkan pikiran. Manfaatkan jam istirahat untuk rehat dari pekerjaan.

Setelah jam istirahat usai, Anda bisa kembali ke meja kerja dengan pikiran yang rileks. Dengan demikian, tugas-tugas dapat segera diselesaikan, terutama tugas yang sudah mendekati deadline (batas waktu).

2. Bersenang-senang dengan Diri Sendiri

Setelah pulang kerja, coba sisihkan sedikit waktu buat diri sendiri (me time). Anda bisa memilih pergi ke perpustakaan untuk membaca buku, menikmati makanan dan minuman favorit di kafe atau restoran, dan sebagainya. Menikmati waktu sendiri tidak hanya membuat pikiran dan otak rileks, tapi juga membantu Anda untuk lebih memahami diri sendiri.

Sambil menikmati me time, coba lakukan evaluasi terhadap diri sendiri, termasuk evaluasi terhadap kinerja Anda di kantor. Hasil evaluasi bisa digunakan untuk memperbaiki diri pada hari-hari berikutnya, sehingga kinerja akan terus lebih baik.

3. Dengarkan Musik atau Lagu Favorit

Alunan musik yang indah sangat bagus untuk memperbaiki mood (suasana hati), sekaligus menjaga kesehatan mental dari kejadian buruk yang terjadi di kantor. Siapkan lagu favorit Anda, lalu putar saat jam istirahat sudah tiba.

Lihat perbedaan yang Anda rasakan setelah mendengarkan musik selama 15-25 menit. Pasti Anda akan merasa lebih fresh, bahagia, dan kembali bersemangat untuk melanjutkan sisa pekerjaan yang sempat terbengkalai karena rehat jam makan siang.

4. Lihat Pemandangan yang Serba Hijau

Bersyukurlah jika kantor Anda terletak di komplek yang dikelilingi oleh tanaman dan pepohonan hijau. Ketika rasa bosan dan stres datang, Anda bisa melirik ke luar jendela untuk menikmati pemandangan yang serba hijau tersebut. Tentu saja, suasana itu akan menyegarkan mata dan juga pikiran Anda, sehingga stres dan bosan bisa hilang secara perlahan.

Warna hijau yang terpancar dari tanaman dan pepohonan memang mampu memberi efek relaksasi alami. Nah, ketika Anda melihat tanaman dan pepohonan tersebut, Anda akan merasa lebih baik.

5. Streaming Film atau Berita Baru

Keinginan menonton film sering tertunda karena rutinitas kerja yang begitu padat? Sekarang saatnya untuk mewujudkan keinginan yang sempat tertunda itu.

Manfaatkan waktu luang, seperti saat akhir pekan, untuk menonton film hingga selesai. Guna menyingkat waktu, Anda bisa menggunakan sisa waktu di hari kerja untuk memilah film yang ingin ditonton.

Anda tidak perlu ribet membeli kaset atau unduh film, karena Anda bisa streaming film tersebut. Selain film, Anda juga bisa menonton berita-berita terbaru, baik berita dalam negeri maupun berita- berita internasional.

6. Lakukan Pijat Relaksasi

Aktivitas sehari-hari tidak hanya menyita waktu, tapi pastinya juga menyita tenaga. Agar tenaga kembali pulih, Anda bisa pergi ke salon untuk pijat relaksasi, sehingga tubuh yang tegang bisa kembali rileks.

Ketika hari esok tiba, tubuh akan kembali kuat untuk melaksanakan rutinitas kerja di kantor. Ada berbagai jenis pijat yang bisa dinikmati di salon. Pilih pijat yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga rasa lelah yang dipikul oleh tubuh lekas hilang.

7. Istirahatlah yang Cukup

Waktu tidur yang disarankan untuk orang dewasa adalah 6-8 jam per hari. Kurang dari itu, akan memengaruhi kondisi fisik dan kesehatan Anda saat beraktivitas.

Tidur yang kurang akan berdampak langsung terhadap performa Anda di kantor. Selain kantuk, kurang tidur dapat pula menyebabkan sendi tubuh pegal-pegal.

Atur waktu 24 jam Anda dengan baik, agar waktu tidur tidak terganggu walaupun tugas dari kantor menumpuk. Selain waktu tidur, perhatikan pula kualitas tidur Anda. Jangan memikirkan hal-hal berat yang membuat tidur Anda tidak nyenyak.

Jangan Abaikan Kesehatan!

Terlalu banyak berpikir berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Sebelum pikiran overload, sebaiknya luangkan waktu untuk refreshing dari rutinitas kerja. Anda bisa mengikuti cara refreshing otak yang sudah dijelaskan di atas, sehingga hari-hari Anda tetap menyenangkan dan terhindar dari stres.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Ini Caranya Bekerja Sambil Kuliah Secara Efisien dan Efektif

Lebih Baik Bekerja atau Berbisnis? Jangan Bingung, Ini Penjelasannya

Ingin Bekerja di Luar Negeri, Perhatikan Persiapan Dasar Penting Ini!

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS