Sistem One Way Arus Balik di Tol Trans Jawa Diperpanjang, Mulai 7 - 9 Juni

Dwi Bowo Raharjo
Sistem One Way Arus Balik di Tol Trans Jawa Diperpanjang, Mulai 7 - 9 Juni
Sejumlah kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/5). [ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga]

Budi Karya mengusulkan sistem one way diperluas dari KM 70 menjadi KM 29.

Suara.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut rekayasa lalu lintas satu arah atau one way saat arus balik mudik 2019 di Jalan Tol Trans Jawa bakal diperpanjang. Semula sistem one way akan diterapkan pada 7-8 Juni, kini diperpanjang satu hari, atau samapai 9 Juni 2019.

Budi mengatakan, perpanjangan dilakukan melihat makin banyaknya jumlah kendaraan yang akan balik dari kampung halaman ke Jakarta. Selain itu, perpanjangan ini juga mempertimbangkan perpanjangan one way pada saat mudik lebaran.

"Sedangkan arus balik kita rencanakan cuma 2 hari. Kita bayangkan sekarang 5 hari. 5 hari dengan 2 hari. Load begitu banyak. Paling tidak menjadi 3 hari, yaitu 7-9 Juni," kata Budi Karya, saat ditemui di Posko Mudik Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2019).

Selain perpanjangan waktu, Budi Karya juga mengusulkan rekayasa lalu lintas one way diperluas jangkauanya. Ia mengusulkan sistem one way diperluas dari KM 70 menjadi KM 29.

"One way didiskusikan sampai KM 29, bukan sampai 70," tutur dia.

Meski demikian, ia menyerahkan sepenuhnya rencana perpanjangan untuk arus balik ke Kepala Korp Lalu Lintas (Kakorlantas).

"Tapi sekali lagi karena komandan semua kegiatan adalah kakorlantas, kita menyerahkan kakorlantas. Kami memberikan usulan kepada kakorlantas melihat load pulang 5 hari one way, seyogianya paling tidak 5 hari one way," ucap dia.

Sebelumnya, Budi Karya menyatakan rekayasa lalu lintas ini sebenarnya sudah diperpanjang satu hari yaitu pada hari ini. Padahal, awalnya pemberlakukan one way hanya dilakukan pada tanggal 30 Mei hingga 2 Juni 2019.

"Semula kita hanya melakukan kegiatan one way itu empat hari. Hari ini tetap dilakukan one way, karena banyaknya penumpang dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tampaknya hari ini one way hari ini terakhir ditetapkan, besok sudah diterapkan dengan cara normal kembali," kata Budi Karya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS