Untuk Pemudik, Besok Tak Ada Rekayasa Lalu Lintas One Way di Tol Trans Jawa

Dwi Bowo Raharjo | Achmad Fauzi
Untuk Pemudik, Besok Tak Ada Rekayasa Lalu Lintas One Way di Tol Trans Jawa
Menhub Budi Karya Sumadi. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Sedianya pemberlakukan one way hanya dilakukan pada tanggal 30 Mei hingga 2 Juni 2019.

Suara.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan hari ini merupakan terakhir pemberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di Jalan Tol Trans Jawa saat arus mudik lebaran 2019. Sehingga, pada Selasa (4/6/2019) besok, lalu lintas di Jalan Tol Trans Jawa berjalan seperti normal tanpa adanya rekayasa lalu lintas.

Budi menerangkan, rekayasa lalu lintas sebenarnya sudah diperpanjang satu hari. Sedianya pemberlakukan one way hanya dilakukan pada tanggal 30 Mei hingga 2 Juni 2019.

"Semula kita hanya melakukan kegiatan one way itu empat hari. Hari ini tetap dilakukan one way, karena banyaknya penumpang dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Budi saat ditemui di Posko Mudik Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2019).

"Tampaknya hari ini one way hari ini terakhir ditetapkan, besok sudah diterapkan dengan cara normal kembali," Budi menambahkan.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini menuturkan, dengan adanya rekayasas lalu lintas one way tersebut berhasil mengurai kemacetan di Jalan Tol. Hal itu terbukti dari waktu tempuh mudik dengan kendaraan pribadi lebih cepat dari perkiraan.

"Kegembiraan banyak kami peroleh, teman-teman mengatakan Solo 8 Jam. Bahkan luar biasa Semarang 5 Jam. Artinya Kemacetan yang selama ini jadi masalah semakin bisa teratasi," tutur dia.

Jasa Marga (Persero) hari ini masih memberlakukan satu arah atau one way di Jalan Tol Jakarta - Cikampek. Rekayasa lalu lintas tersebut sudah diberlakukan mulai pukul 06.25 WIB.

Pemberlakuan itu dimulai dari KM 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta - Cikampek sampai dengan KM 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

"Pemberlakuan one way di hari keempat ini juga maju lebih awal dari yang telah direncanakan sebelumnya (pukul 09.00 WIB)," kata Corporate Communications Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti dalam keterangannya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS