Anda Wirausahawan Muda? Lakukan Ini agar Bisa Meraih Sukses!

Arsito Hidayatullah
Anda Wirausahawan Muda? Lakukan Ini agar Bisa Meraih Sukses!
Ilustrasi wirausahawan sukses, strategi bisnis. [Shutterstock]

Komunikasi adalah salah satu hal mendasar yang harus Anda kuasai saat menjalankan sebuah bisnis.

Suara.com - Menjadi seorang wirausahawan kini lebih banyak dipertimbangkan orang, karena menawarkan kebebasan keuangan. Selain itu, Anda juga bisa bebas mendesain sendiri jenis bisnis yang ingin dijalankan, mulai dari barang atau jasa, hingga menentukan target konsumen.

Namun hal tersebut bukanlah perkara mudah. Perlu adanya soft skill agar bisnis yang dijalankan pun bisa berkembang dan menghasilkan seperti yang diharapkan. Terlebih lagi bila Anda merintis usaha di usia muda. Tentu saja, dari sisi pengalaman Anda masih terbilang "hijau" alias belum banyak pengalaman.

Nah, agar bisnis yang Anda rintis bisa meraih sukses, cobalah lakukan beberapa cara ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Miliki Strategi Bisnis

Tak ada bisnis yang baik jika dijalankan tanpa rencana matang. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus mampu menentukan target usaha sehingga pemasukan yang dihasilkan menjadi terukur.

Strategi dapat dimulai dari hal terkecil, salah satunya strategi mendekatkan produk dengan pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis siapa saja pesaing bisnis yang tengah dijalankan.

Jangan lupa pula untuk menganalisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity dan Threat) bisnis yang dijalankan, sehingga Anda dapat mengambil keputusan untuk menutupi kekurangan perusahaan.

2. Punya Keterampilan Berkomunikasi

Komunikasi adalah hal pertama yang harus Anda kuasai saat menjalankan sebuah bisnis, baik itu bisnis yang Anda jalankan seorang diri maupun bisnis bersama dengan rekan. Komunikasi tak hanya penting digunakan untuk di luar perusahaan, tapi juga penting bagi komunikasi internal di perusahaan, sehingga bisnis yang dijalankan sesuai ekspektasi.

Sedangkan untuk menjalin komunikasi eksternal, Anda bisa memanfaatkan teknologi, sehingga tidak perlu kehilangan banyak waktu hanya untuk sekadar bertatap muka.

Yang perlu menjadi catatan adalah bahwa memang tak semua orang punya keterampilan untuk berkomunikasi dengan baik. Namun, Anda bisa memulainya dengan memerhatikan reaksi lawan bicara saat merespons komunikasi yang Anda lakukan. Jangan ragu pula untuk menanyakan apakah komunikasi yang Anda sampaikan dapat dimengerti atau perlu diulang, agar mereka memahami maksud dan tujuan Anda.

3. Membangun Personal Branding dan Business Branding

Keterampilan selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur adalah personal branding dan business branding. Anda dapat memulainya dengan menggunakan media sosial yang memuat konten-konten yang menarik.

Dengan memiliki konten yang menarik, Anda dapat menarik perhatian follower (pengikut). Oleh karenanya, saat Anda hendak membuat konten di media sosial, pastikan Anda telah menganalisis kebutuhan pelanggan.

Jika Anda memiliki kesulitan dalam membangun branding di media sosial, cobalah untuk meminta bantuan orang lain yang lebih ahli di bidang digital marketing.

4. Punya Kemampuan Penjualan yang Memadai

Setiap bisnis yang dibangun tentunya ada sesuatu yang hendak disampaikan dan ditawarkan kepada masayarakat, entah dalam bentuk jasa maupun barang. Untuk menyampaikannya kepada pasar, tentunya Anda harus memiliki keterampilan dalam menjual.

Sekali pun Anda nantinya akan memiliki team sales untuk meningkatkan penjualan produk, Anda sendiri tetap harus memiliki keterampilan menjual, guna meningkatkan invetasi dan meyakinkan investor agar mau menjadi bagian dari bisnis Anda ini.

5. Bisa Mengelola Keuangan

Tidak harus mahir, tapi setidaknya bisa mengelola keuangan. Itulah hal penting lainnya yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan.

Dalam mengelola keuangan, Anda dituntut untuk lebih memahami kondisi keuangan dari bisnis yang Anda jalankan, dan keuntungan-keuntungan yang Anda dapatkan, mulai dari cash flow, hingga pemasukan dalam bentuk pendanaan.

Anda juga dituntut memahami prinsip dari supply and demand, yang dapat membantu Anda untuk menentukan harga jual produk. Fungsinya guna mengetahui seberapa banyak produk yang hendak diproduksi, dan jalur-jalur distribusi untuk memperluas jangkauan pasaran.

6. Menjaga Konsistensi dan Komitmen

Poin selanjutnya yang harus Anda pahami adalah mengenai konsistensi serta komitmen dalam menjalankan bisnis. Hindari kata-kata menyerah dengan masalah yang Anda hadapi.

Selain itu, Anda juga bisa menanyakan kepada orang-orang yang lebih ahli di bidang bisnis yang Anda jalankan. Sehingga Anda bisa dibantu untuk menganalisis berbagai peluang dan menjawab setiap permasalahan yang dihadapi.

Pantang Menyerah dan Teruslah Berinovasi

Demikianlah beberapa skill dasar dari seorang wirausahawan baru, agar bisnis yang Anda jalankan dapat sukses. Jangan lupa pula untuk tetap berdoa dan pantang menyerah dengan keadaan. Perlu dipahami, bisnis perusahaan besar yang Anda kenal saat ini pun pernah mengalami pasang surut. Oleh karenanya, jangan lupa pula untuk tetap berinovasi, agar usaha Anda selalu berkembang.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Kartu Kredit Terbaik Bagi Anda Para Pengusaha

10 Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula

Anda Pebisnis Pemula? Ini Cara Cerdas Belanja Grosiran

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS