Masyarakat Berangkat Mudik Pasca Lebaran, Menhub Sebut Terjadi Anomali

M. Reza Sulaiman | Achmad Fauzi
Masyarakat Berangkat Mudik Pasca Lebaran, Menhub Sebut Terjadi Anomali
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Suara.com/Fakhri)

Anomali terjadi karena masih ada masyarakat yang baru berangkat mudik saat sesudah lebaran.

Suara.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan arus mudik pada tahun ini terjadi anomali. Pasalnya, pada hari Lebaran maupun setelah lebaran masih banyak masyarakat yang berpulang kampung dari Jakarta.

Berdasarkan data Jasa Marga, tercatat 206.710 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur, arah Barat, dan arah Selatan pada hari pertama Lebaran 2019 (H1). Angka ini naik sebesar 58,83 persen dari lalulintas harian rata-rata (LHR) normal sebesar 130.144 kendaraan.

Jumlah lalu lintas untuk hari pertama Lebaran ini lebih tinggi 9 persen dari prediksi Jasa Marga sebanyak 190.246 kendaraan.

"Jadi arus balik malah ada satu anomali ya kemarin itu justru arus mudik masih banyak sehingga yang tadinya kita sudah mempersiapkan arus balik tiba tiba ada load dari Jakarta Bogor dari Jakarta ke arah cikampek yang banyak," kata dia aat ditemui di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, Jumat (7/6/2019).

Akan tetapi, tutur Budi Karya, anomali arus balik tersebut tak sampai membuat rekayasa lalu lintas seperti satu arah (one way). Meskipun macet, di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arus lalu lintas masih bisa diatasi.

"Sampai kemarin kita praktis mengelola arus mudik. Tapi tidak sampai one way tapi kita lakukan dengan contraflow kita perkirakan arus balik mulai tanggal ini memang menganjurkan hari ini balik," ucap dia.

Untuk arus balik, Budi Karya telah mempersiapkan skema untuk antisipasi kemacetan. Salah Satunya, yaitu penerapan one way dari KM 414 hingga KM 70 Jalan Tol Trans Jawa.

"Kita sudah mempersiapkan klarifikasi kakorlantas sudah mempersiapkan skenario rekayasa lalu lintas. Kita sudah siapkan Kalikangkung ke Cikampek lebih dari 200 meter dari km 414 sampai 70 itu satu arah setelah itu dari 70-29 mungkin pakai contraflow sesuai kebutuhan ini mudah-mudahan sesuai rencana Jam 12," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS