Jarak Antar KRL Rute Cikarang Bakal Diperpendek 30 Menit Sekali

Reza Gunadha | Achmad Fauzi
Jarak Antar KRL Rute Cikarang Bakal Diperpendek 30 Menit Sekali
Ilustrasi KRL

Nantinya, pihak operator KRL PT KCI akan menambah rangkaian kereta relasi tersebut.

Suara.com - Kementerian Perhubungan bakal memperpendek jarak antarkereta atau headway relasi kereta rel listrik  Cikarang. Rencananya, headway relasi tersebut akan diperpendek selama 30 menit sekali.

Direktut Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri menjelaskan, salah satu cara untuk memperpendek headway yaitu dengan menambah rangkaian.

Nantinya, pihak operator KRL PT KCI akan menambah rangkaian kereta relasi tersebut.

"Nanti kami tambah. Headway kan sekarang sejam, kalau kita tambah mungkin hanya setengah jam. Karena jarak kan hanya 16,7 kilometer," kata Zulfikri saat ditemui di Stasiun Metland Telaga Murni, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Selasa (13/8/2019).

Menurut Zulfikri, tambahan rangkaian kereta tersebut dari KCI akan berjumlah 15 kereta. Dia menjelaskan, akan ada 15 rangkaian kereta yang akan beroperasi di relasi tersebut.

"Nah untuk antisipasi awal nanti KCI akan menambah armadanya. Yang dari Bekasi nanti akan diperpanjang sampai ke Cikarang untuk menambah kapasitas ini. Itu akan ada tambah 15 kereta baru," tutur dia.

Zulfikri menargetkan, perpendekan headway relasi tersebut akan dilakukan pada jelang akhir tahun ini.

"Kita harapkan Oktober - November akan ada tambahan baru. 15 kereta antara Cikarang-Bekasi, nanti sifatnya seperti itu. Tapi sekarang kan Stasiun Cikarang jalur baru yang kita bangun masih belum bisa masuk (KRL-nya)," kata dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS