4 Tempat Pengiriman Uang ke Kampung Halaman

Fabiola Febrinastri
4 Tempat Pengiriman Uang ke Kampung Halaman
(Shutterstock)

Alfamidi dan Alfamart menjadi tempat pengiriman uang yang memudahkan masyarakat.

Suara.com - Kini mengirimkan uang atau sebaliknya sudah bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Bagi Anda, anak rantau yang menuntut pendidikan atau mengadu nasib di ibu kota, lalu ingin mengirimkan uang bulanan ke keluarga di kampung halaman, sudah bisa dilakukan di tempat terdekat, nih.

Yuk, simak empat tempat pengiriman uang yang bisa kamu kunjungi!

1. Alfamart Atau Alfamidi
Untuk tempat yang pertama ini, tentu Anda sudah familiar bukan? Segala kebutuhan sehari-hari bisa Anda dapatkan di sini. Tapi tidak hanya menyediakan barang-barang saja, Alfamart dan Alfamidi juga menyediakan layanan pengiriman uang, lho.

Ya, layanan pengiriman uang secara tunai atau remittance ini bisa Anda lakukan di kedua ritel ini. Bersama dengan TrueMoney Indonesia, Alfamidi dan Alfamart menjadi tempat pengiriman uang yang memudahkan masyarakat, terutama para perantau, yang ingin mengirimkan uang ke seluruh wilayah di Indonesia tanpa harus memiliki rekening.

Apa saja yang perlu dipersiapkan? Anda hanya perlu menyiapkan KTP/SIM/PASPOR untuk keperluan validasi identitas resmi saat pengisian formulir. Setelah pengisian formulir, Anda bisa langsung menyerahkan ke petugas sekaligus uang yang hendak dikirimkan.

Nantinya, petugas akan memberikan Anda struk yang berisi kode MTCN atau kode verifikasi untuk bukti yang perlu ditunjukkan saat penerima hendak mengambil uang. Selain Indonesia, Anda juga bisa mengirimkan uang kepada ke beberapa negara, seperti Filipina, Malaysia, Singapura, Nigeria, dan Pantai Gading melalui aplikasi TrueMoney Indonesia.

TrueMoney menyediakan layanan mengirim uang lewat AlfaMart. (Dok: TrueMoney)
TrueMoney menyediakan layanan mengirim uang lewat AlfaMart. (Dok: TrueMoney)

2. Kantor Pos
Tempat pengiriman uang selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Kantor Pos. Ya, pionir tempat pengiriman surat ini juga menyediakan layanan pengiriman uang yaitu, wesel pos. Sama seperti pengiriman surat, wesel pos juga dijuluki sebagai layanan tertua di bidangnya. Untuk mengirimkan uang, Anda bisa langsung mengunjungi cabang Kantor Pos terdekat.

Tidak jauh berbeda dengan pelayanan di Alfamart dan Alfamidi, Anda juga akan diminta untuk mengisi formulir sebelum menyerahkan uang yang ingin dikirimkan ke petugas. Setelah itu, Anda akan menerima slip transfer dari petugas sebagai bukti bahwa transaksi telah berhasil.

(Shutterstock)
(Shutterstock)

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan klik di sini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS