Wajib Tahu! Ini 5 Cara Kirim Uang ke Luar Negeri

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Wajib Tahu! Ini 5 Cara Kirim Uang ke Luar Negeri
(Dok: TrueMoney)

Mulai dari yang konservatif sampai yang modern.

Suara.com - Berbagai riset sudah membuktikan kalau peningkatan jumlah pekerja dan pelajar Indonesia yang bersekolah di luar negeri cukup signifikan. Dengan adanya data tersebut, kebutuhan akan komunikasi interlokal sampai pengiriman uang lintas negara juga meningkat, seiring berkembangnya masyarakat yang tinggal di luar negeri.

Untuk memenuhi kebutuhan, khususnya transfer uang ke luar negeri, terdapat banyak cara yang bisa Anda gunakan. Mulai dari yang konservatif sampai yang modern. Ada pula yang paling sering digunakan, seperti Western Union dan layanan transfer yang memudahkan seperti apps TrueMoney Wallet.

Berikut 5 cara mengirimkan uang ke luar negeri yang perlu Anda simak.

1. Melalui Western Union

Melakukan transfer ke luar negeri dengan Western Union adalah cara yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang. Selain mudah ditemui, jasa transfer uang yang ditawarkan juga terbilang tidak terlalu mahal.

Namun, untuk melakukan transfer melalui Western Union, Anda perlu mendatangi agennya terlebih dahulu, membawa identitas diri yang masih berlaku, dan memenuhi beberapa persyaratan untuk melengkapi formulir pengiriman. Besaran biaya yang dibutuhkan dalam melakukan jasa transfer uang ini beragam, disesuaikan jumlah yang mau dikirimkan, mulai dari range paling kecil, yaitu Rp 45.000 untuk nominal pengiriman Rp 100.00 - Rp1.000.000, Rp 90.000 untuk nominal pengiriman Rp 2.000.000 - Rp10.000.000, dan seterusnya. 

Ilustrasi uang. (Shutterstock)
Ilustrasi uang. (Shutterstock)

2. Via ATM

Berbeda dengan Western Union, Anda juga bisa melakukan transfer uang ke luar negeri melalui ATM. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu kode swift bank yang dituju. Kode ini bisa didapatkan dari pihak bank lokal yang Anda gunakan.

Cara ini mungkin terlihat mudah, namun memiliki risiko yang cukup besar kalau tidak teliti dalam menginput nomor rekening dan nomor referensi dengan tepat. Setelah melakukan transfer, pastikan Anda menyimpan bukti transfer untuk mengantisipasi hal yang diinginkan.

Ilustrasi uang. (Shutterstock)
Ilustrasi uang. (Shutterstock)

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan klik di sini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS