Kementerian PUPR Raih Tiga Penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2019

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Kementerian PUPR Raih Tiga Penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2019
Kementerian PUPR menerima tiga penghargaan dalam Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2019, di halaman Balaikota Tangerang, Jumat (30/8/2019). (Dok : PUPR).

AHI merupakan ajang penghargaan yang diberikan atas prestasi

Suara.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menerima tiga penghargaan dalam "Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2019", yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia (PR Indonesia Group), di halaman Balai Kota Tangerang, Jumat (30/8/2019).

Penghargaan diserahkan oleh Founder dan CEO PR Indonesia Group, Asmono Wikan dan diterima oleh Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Sudirman, mewakili Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Penghargaan pertama yang diterima adalah Pemenang AHI 2019 Kategori Terpopuler di Media Online, Sub Kategori Kementerian, yang diberikan berdasarkan penilaian jumlah pemberitaan positif tertinggi di media online

Penghargaan kedua, Gold Winner Kategori Pelayanan Informasi Publik, Sub Kategori Ruang Pelayanan Informasi Publik Terinovatif, dan penghargaan ketiga adalah Gold Winner Kategori Pelayanan Informasi Publik, Sub Kategori Laporan Pelayanan Informasi Publik Terinovatif. 

Pada kesempatan itu, Sudirman mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh PR Indonesia Group. Penghargaan ini merupakan kerja bersama seluruh unit KemenPUPR dalam melaporkan program dan capaian pembangunan infrastruktur yang telah dikerjakan.
 
"Kami berterima kasih kepada PR Indonesia, yang telah melihat dan memberikan apresiasi atas yang dilakukan Kementerian PUPR. Penghargaan ini mendorong kami untuk lebih baik lagi menyebarluaskan informasi mengenai hasil-hasil pembangunan infrastruktur, sebagai salah satu bentuk laporan kepada masyarakat atas amanah yang diberikan kepada Kementerian PUPR," kata Sudirman. 

AHI merupakan ajang penghargaan yang diberikan atas prestasi hasil karya humas pemerintah/lembaga/BUMN/BUMD/perguruan tinggi negeri  seluruh Indonesia untuk mendorong semangat kompetisi positif memperkuat peran humas pemerintah dalam melakukan diseminasi informasi terkait program  kepada masyarakat.

"Kami tidak ingin humas pemerintah hanya menjadi tenaga-tenaga praktikal yang sangat teknis. Visi pemerintah membangun negeri dikhawatirkan tidak akan pernah tercapai. Sesuai dengan tema AHI tahun ini, yaitu sinergi membangun reputasi,” ujar Asmono. 

Penilaian penerima penghargaan dilakukan melalui dua cara, yakni pada kategori Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/BUMN/BUMD Terpopuler. Humas Indonesia  bekerja sama dengan Indonesia Indicator melakukan monitoring  terhadap pemberitaan dari  3.100 media online di Indonesia sepanjang semester I tahun 2019.

Seluruh data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan real-time melalui mesin Intelligence Media Management (IMM) berbasis artificial Intelligence. Penentuan pemenang berdasarkan kuantitas ekspos pemberitaan positif.

Untuk penilaian Kategori Pelayanan Informasi Publik berdasarkan hasil penjurian, yang terdiri 5 juri, yaitu Pakar Public Relations Maria Wongsonagoro, Founder & CEO Humas Indonesia  Asmono Wikan, Pakar Komunikasi dan Branding Emilia Bassar, Ketua Komisi Informasi Pusat periode 2013 - 2017 John Fresly Hutahayan dan Vice President International Council of Design Zinnia  Nizar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS