Intip Harta Peninggalan Habibie, Ada Mobil Mewah Antik Hingga Gedung Tinggi

Iwan Supriyatna
Intip Harta Peninggalan Habibie, Ada Mobil Mewah Antik Hingga Gedung Tinggi
Foto dokumentasi Presiden ketiga RI, BJ Habibie menghadiri pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017). (Antara)

Selain meninggalkan kenangan manis, BJ Habibie juga meninggalkan beberapa aset, mulai dari barang antik hingga yang bernilai tinggi.

Suara.com - Kepergian Presiden RI ke-3 BJ Habibie meninggalkan kesedihan mendalam bagi rakyat Indonesia. Banyak orang yang mengenang jasa beliau saat menjabat sebagai pemimpin negara.

Selain meninggalkan kenangan manis, BJ Habibie juga meninggalkan beberapa aset, mulai dari barang antik hingga yang bernilai tinggi.

Mau tahu apa saja aset yang dimiliki BJ Habibie dan keluarga? Berikut ini lima harta yang dimiliki BJ Habibie seperti dilansir dari Moneysmart.id jaringan Suara.com.

1. Rumah Mewah

Mantan Presiden  B. J. Habibie dalam Sidang Paripurna AIPI di kediamannya, Jalan Patra Kuningan XIII, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (24/5/2015). [suara.com/Dian Kusumo Hapsari]
Mantan Presiden B. J. Habibie dalam Sidang Paripurna AIPI di kediamannya, Jalan Patra Kuningan XIII, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (24/5/2015). [suara.com/Dian Kusumo Hapsari]

BJ Habibie tinggal di rumah mewah yang letaknya di Patra, Kuningan, Jakarta Selatan. Rumah ini kabarnya sudah ditempati saat Habibie menjadi Dirut Pertamina tahun 1975.

Di rumah tersebut bahkan ada lukisan Habibie dan Ainun yang sedang berboncengan di atas sepeda. Lukisan itu bertulisan “Cinta Tanpa Batas.”

Memang, tak dipungkiri bahwa Ainun punya peranan mendesain rumah mewah ini. Usut punya usut, rumah yang memiliki perpustakaan besar dan Taman IPTEK ini, dicicil selama 20 tahun.

Awalnya ini hanyalah rumah dinas. Namun Habibie terlanjur mencintai rumah ini, dan dia pun diberikan fasilitas cicilan oleh Pertamina.

2. Mobil Antik Mewah

Mobil Antik Mewah BJ Habibie. (Youtube: Kevin Hendrawan)
Mobil Antik Mewah BJ Habibie. (Youtube: Kevin Hendrawan)

Habibie memiliki garasi yang bentuknya mirip parkiran mal! Di situ terdapat mobil-mobil mewah yang sangat langka di pasaran!

Youtuber Kevin Hendrawan sempat mampir ke sana dan melakukan ‘sidak’ terhadap mobil-mobil Habibie. Alhasil, ditemukan mobil Mercedes Benz 300SL Gullwing yang diproduksi sekitar tahun 1954 – 1957. Mobil ini dirancang sebagai permintaan khusus dari seorang importir mobil Eropa di Amerika Serikat, Maximilian Hoffman.

Selain itu, Habibie juga memiliki banyak mobil Mercy lainnya. Ada Tiger, S600 dan lainnya.

3. Moge Klasik

Moge Klasik Habibie. (Youtube: Kevin Hendrawan)
Moge Klasik Habibie. (Youtube: Kevin Hendrawan)

Gak cuma mobil lho, motor gede alias moge juga bisa ditemukan di garasi rumah BJ Habibie. Koleksi motor itu juga terkuak di video yang diunggah Kevin Hendrawan.

Salah satu di antaranya adalah Harley Davidson Bad Boy yang mesinnya berkapasitas 1.340 cc. Motor ini kurang diminati konsumen. Harganya sendiri sekitar 11 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 153 jutaan buat yang diproduksi tahun 1996.

Mengenai moge, kabarnya dulu banyak yang bilang kalau Habibie gak bisa naik motor. Tapi buktinya dia malah punya moge, dan dia mengendarai motor tersebut saat survei ke kawasan industri di pinggiran Jakarta.

4. Gedung Pollux Properti Indonesia

Gedung Pollux Properti Indonesia. (Instagram: Pollux)
Gedung Pollux Properti Indonesia. (Instagram: Pollux)

PT Pollux Properti Indonesia Tbk. (POLL) menggelar sebuah megaproyek berupa gedung yang diberi nama Pollux Habibie Internasional. Proyek ini sudah dimulai sejak tahun 2016 lho.

Konon kabarnya, gedung ini bakal dimiliki oleh kedua belah pihak yaitu POLL dan keluarga Habibie.

Porsi kepemilikan POLL atas gedung ini adalah 51 persen, sementara itu keluarga BJ Habibie 49 persen. Lumayan besar walau sifatnya gak mayoritas.

Megaproyek ini dikabarkan memiliki nilai investasi sebesar Rp 14 triliun! Kabarnya, gedung ini bakal jadi yang tertinggi di Indonesia lho.

5. Perusahaan Asuransi

Ilustrasi asuransi (shutterstock)
Ilustrasi asuransi (shutterstock)

Perusahaan milik keluarga Habibie menguasai 5,22 persen saham dari PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk (MTWI). Perusahaan itu bernama PT. Ilthabi Rekatama yang dipimpin oleh Ilham Habibie.

Dengan porsi kepemilikan sebesar 5,22 persen, keluarga Habibie berarti memegang 79.722.302 lembar saham.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS