Ambon Diguncang Gempa 6,8 SR, Bandara Pattimura Tetap Beroperasi

Bangun Santoso | Achmad Fauzi
Ambon Diguncang Gempa 6,8 SR, Bandara Pattimura Tetap Beroperasi
Ilustrasi pesawat mendarat di bandara. (Pixabay/dirkvermeylen)

Bandara Pattimura Ambon dilaporkan mengalami sedikit retakan di bagian gedung pemadam kebakaran akibat guncangan gempa

Suara.com - PT Angkasa Pura l (Persero) (AP I) memastikan Bandara Pattimura tetap beroperasi normal pasca-gempa dengan magnitudo 6,8 SR yang terjadi di sebelah Timur Laut Kota Ambon, Maluku, Kamis (26/9) pukul 08.46 WIB.

"Penerbangan dari dan menuju Bandara Pattimura juga masih berlangsung normal atau sesuai jadwal," kata Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan dalam keterangannya, Kamis (26/9/2019).

Dalam laporan yang diterima Handy, tak ada kerusakan berat pada fasilitas bandara. Hanya saja, diidentifikasi hanya terdapat sedikit keretakan di bagian depan gedung pemadam kebakaran dan di ruangan watchroom.

"Kami senantiasa menjaga keselamatan dan keamanan pengguna jasa dengan berkoordinasi ketat untuk mengimplementasikan prosedur keselamatan dan keamanan yang teruji," katanya.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan gempa Ambon dengan magnitudo 6,8 memiliki intensitas maksimum VII-VI MMI menyebabkan jembatan dan bangunan di sana mengalami kerusakan.

"Hasil analisis http://realtime.inasafe.org menunjukkan bahwa gempa ini terjadi di darat dengan intensitas maksimum VII-VI MMI. Nilai ini menunjukkan goncangan kuat dan kemungkinan membuat kerusakan untuk bangunan yang tidak tahan gempa," kata Plt Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis.

Agus mengatakan laporan kerusakan akibat gempa dari Pusdalops BNPB yaitu satu jembatan retak di Ambon dan satu bangunan Universitas Pattimura rusak ringan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS