Menkominfo Rudiantara Minta Wartawan Tinggalkan Profesi Jurnalis

Iwan Supriyatna
Menkominfo Rudiantara Minta Wartawan Tinggalkan Profesi Jurnalis
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (Suara.com/Fadil)

"Kapan mau bikin startup dan keluar dari media, bikin dong,"

Suara.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menantang para wartawan untuk membuat bisnis startup dan meninggalkan profesi kejurnalisannya, menurut dia saat ini bisnis startup sedang naik daun dan sangat menjanjikan di tanah air.

"Kapan mau bikin startup dan keluar dari media, bikin dong," celetuk Chief RA panggilan akrabnya saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Maka dari itu kata dia, pemerintah saat ini akan fokus mengembangkan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Menurutnya hal itu sejalan dengan upaya pengembangan ekonomi digital Indonesia.

"Jadi nomor satu itu infrastruktur, infrastruktur, infrastruktur. Kita ini tertinggal dengan negara lain," katanya.

Menurut pria kelahiran Bogor 60 tahun silam tersebut, pembangunan infrastruktur sangat menopang perkembangan ekonomi digital kedepannya.

"Kalau kita buat regulasi, sifatnya harus light touch regulation bukan heavy handed regulation," katanya.

Lebih lanjut kata dia, perubahan proses bisnis sebagai konsekuensi dari perkembangan teknologi membuat pemerintah harus mengganti posisinya.

"Jika sebelumnya pemerintah menjalankan peran sebagai regulator, maka kini pemerintah “terpaksa” melakukan disrupsi untuk menghadapi perkembangan teknologi tersebut, berubah dari regulator menjadi fasilitator, bahkan akselerator," katanya. (Fadil)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS