Ingin Membangkitkan Mood Kerja? Coba Lakukan 7 Cara Ini!

Arsito Hidayatullah
Ingin Membangkitkan Mood Kerja? Coba Lakukan 7 Cara Ini!
Ilustrasi bad mood, stres mengerjakan tugas kantor. (Shutterstock)

Mood yang buruk sangat berbahaya jika Anda alami berlarut-larut, karena bisa memengaruhi kinerja dan kualitas kerja.

Suara.com - Terkadang saat bekerja, seseorang membutuhkan suatu hal yang bisa membakar semangat. Contohnya, saat Anda bekerja, Anda akan mengharapkan gaji di awal bulan berikutnya.

Memikirkan sejumlah uang yang akan Anda terima yang bisa digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan, tentu membuat Anda semakin semangat dalam mengerjakan tugas kantor.

Namun selain itu, bekerja juga membutuhkan mood yang baik, agar bisa mengerjakan tugas kantor dengan benar dan sempurna. Anda pasti pernah melihat teman kerja yang tidak bersemangat, melamun, atau bahkan berbicara sendiri di kantor.

Mungkin mereka sedang mengalami suasana hati kerja yang buruk. Ini sangat berbahaya jika juga Anda alami, karena bisa memengaruhi kinerja dan kualitas kerja Anda.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengembalikan mood kerja yang sudah terlanjur buruk? Tidak sulit. Berikut cara membangkitkan mood kerja dengan mudah seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Cari Udara Segar dengan Berjalan di Sekitar Taman

Biasanya perusahaan yang besar memiliki taman miniatur yang kecil di sekitar kantor. Anda bisa memanfaatkan taman tersebut untuk menyegarkan kembali pikiran Anda.

Taman yang hijau dan sejuk biasanya lebih mudah mengembalikan mood Anda. Terlebih lagi jika taman tersebut memiliki kolam ikan kecil yang bisa membuat Anda merasa nyaman.

Paling penting, jangan sampai Anda terbuai dan berlama-lama di taman tersebut. Ingat, Anda masih memiliki beberapa tugas yang perlu diselesaikan. Anda bisa menggunakan waktu istirahat untuk mengunjungi taman itu dan bersantai sejenak.

2. Coba Usir Perasaan Suntuk dengan Musik

Trik lazim yang biasa dilakukan banyak orang adalah dengan mendengarkan musik yang disukai. Musik selalu saja bisa membuat pikiran Anda tenang.

Terlebih lagi musik yang memiliki ketukan rendah dan lembut. Ini akan sangat menenangkan dan membangkitkan mood Anda kembali. Tapi hati-hati, ketika mendengarkan musik jangan pula sampai tertidur, ya.

3. Berjalan di Sekitar Ruangan

Hal yang paling sederhana seperti berjalan-jalan di sekitar ruangan, juga bisa mengembalikan mood Anda, lho! Ya, ini bisa membantu otak agar lebih segar dan tidak tertekan dengan semua pekerjaan Anda.

Berjalan menuju meja teman Anda dan mengobrol hal-hal ringan selama 5-10 menit, tentu tidak akan mengganggu kualitas kerja Anda bukan? Tapi usahakan teman Anda juga sedang santai dan tidak mengerjakan tugas apa pun, agar Anda tidak mengganggunya.

Dengan begini, Anda kemudian akan lebih semangat lagi dalam bekerja. Ya, soalnya memang, tanpa disadari pekerjaan yang menuntut Anda duduk seharian di belakang meja, bisa membuat depresi jika tidak dibarengi dengan refreshing.

4. Menghias atau Menata Meja Kerja Anda

Saat Anda mulai merasa bosan atau bad mood, carilah kegiatan yang kira-kira bermanfaat. Contohnya adalah menghias atau menata ulang meja kerja Anda. Ini akan mengembalikan mood kerja Anda, karena meja yang penuh foto maupun quotes, biasanya bisa membangkitkan semangat kerja kembali.

5. Mulailah Merinci Setiap Tugas Anda

Guna menghilangkan rasa bosan atau suntuk di kantor, Anda juga bisa mulai merinci setiap tugas yang diberikan pada Anda. Selain bermanfaat, ini juga membantu Anda dalam menyelesaikan tugas secara urut.

Anda bisa merinci tugas tersebut berdasarkan deadline maupun tingkat kesulitannya. Saat mood Anda sudah kembali, Anda bisa mulai mengerjakannya sesuai dengan urutan yang telah dibuat.

6. Coba Lakukan Aktivitas Lain

Ini hanya untuk menghilangkan rasa bosan Anda saja. Jika Anda memiliki aktivitas lain yang bisa dikerjakan, seperti menulis artikel atau menggambar doodle, maka Anda bisa melakukannya ketika bosan.

Melakukan aktivitas yang disukai dipercaya bisa mengusir kebosanan dalam sekejap. Ini karena otak Anda akan mulai santai dan sedikit nyaman, tidak tertekan.

Anda juga boleh menyediakan berbagai alat yang bisa menjadi pembangkit semangat, seperti kertas origami atau buku mewarnai beserta alat mewarnainya. Siapkan alat tersebut di laci meja Anda, agar sewaktu-waktu bisa digunakan saat merasa bosan.

Namun ingat, jangan sampai aktivitas tersebut malah mengganggu kerja Anda, atau bahkan membuat Anda tidak bisa menyelesaikan tugas sesuai deadline yang sudah ditentukan.

7. Selalu Berpikiran Positif

Berpikiran positif selalu mendatangkan hal yang positif juga. Yang terpenting, saat Anda merasa jenuh dalam bekerja dan kehilangan mood untuk mengerjakan semua tugas kantor, cobalah berpikir positif.

Yakin dan percaya pada diri bahwa Anda mampu menyelesaikan semua tugas tersebut. Ingat sekali lagi, saat Anda bermalas-malasan dan mengeluh di balik meja kerja Anda, ada banyak orang di luar sana yang sedang berjalan kian-kemari demi mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan.

Anda tentu tidak mau jika sifat malas dan suasana hati yang buruk itu membuat Anda menjadi orang yang tidak bersyukur dan dapat merusak prestasi Anda di kantor, bukan?

Usir Bad Mood dengan Cara yang Tepat

Sebesar apa pun usaha untuk bisa mengembalikan mood, jika niat Anda bukan untuk menyelesaikan tugas dengan sempurna, tetap saja pekerjaan itu tidak akan selesai. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menata niat, barulah Anda akan mendapatkan kembali mood kerja itu. Usir suasana hati yang buruk dengan cara yang tepat pula.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

6 Tips Meningkatkan Mood di Pagi Hari

Pilih-pilih Layanan Musik Streaming, Mana yang Lebih Hemat?

4 Cara Ampuh Membuat Seninmu Serasa Jumat

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS