Akumindo Berharap UMKM Naik Kelas Tak Cuma Jargon Menteri Teten Masduki

Reza Gunadha | Mohammad Fadil Djailani
Akumindo Berharap UMKM Naik Kelas Tak Cuma Jargon Menteri Teten Masduki
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki bersiap mengikuti foto bersama seusai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro

"Pidato Pak Teten kan UMKM naik kelas, siapapun menterinyaselalu bicarabegitu, tapi buktinya mana, UMKM tidak pernah selalu naik kelas," kata Ikhsan.

Suara.com - Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun menunggu terobosan Menteri Koperasi dan UMKM yang baru, yakni Teten Masduki.

Pasalnya, kata Ikhsan, menteri-menteri yang menangangi urusan itu sebelumnya justru seperti melupakan sektor UMKM. Padahal, sektor ini yang menghasilkan banyak lapangan pekerjaan.

"Pertama kami beri selamat dulu buat Pak Teten. Yang kedua, harapan kami sebagai pelaku UMKM adalah menjalankan keinginan Presiden Jokowi untuk membuat UU Pemberdayaan UMKM Indonesia," kata Ikhsan saat dihubungi Suara.com, Minggu (27/10/2019).

Ikhsan mengatakan, UU ini penting untuk membuat para pelaku UMKM dalam negeri bergairah. Sebab selama ini, jargon pemerintah yang ingin UMKM naik kelas belum terbukti.

"Pidato Pak Teten kan UMKM naik kelas, siapa pun menterinya selalu bicara begitu, tapi buktinya mana, UMKM tidak pernah selalu naik kelas," kata Ikhsan.

Maka dari itu, kata Ikhsan, kehadiran Teten sebagai Menteri Koperasi dan UMUM yang baru diharapkan mampu merumuskan keinginan Presiden Jokowi agar pelaku usaha menengah dan kecil bisa naik kelas.

Untuk membuat UU yang sesuai, tentunya Ikhsan berharap pemerintah menggandeng para pelaku usaha menengah dan mikro.

"Karena kami pelaku utama,yang harus didiajak dan diundang untuk membicarakan dan merumuskan UU ini," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan formasi Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Mantan Kepala Staf Presiden Teten Masduki ditunjuk menjadi Menteri Koperasi dan UKM.

"Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM," kata Jokowi di Istana Negara.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS