Posisi Direktur Utama Bank Mandiri Kosong Ditinggal Kartika Wirjoatmodjo

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Posisi Direktur Utama Bank Mandiri Kosong Ditinggal Kartika Wirjoatmodjo
Budi Gunadi Sadikin (kiri) dan Kartika Wirjoatmodjo (kanan) ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)

Kartika Wirjoatmodjo diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN oleh Presiden Jokowi.

Suara.com - Setelah Kartika Wirjoatmodjo diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN oleh Presiden Jokowi, saat ini posisi Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) kosong.

Lantas kapan Bank Mandiri bakal punya bos baru lagi?

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan, pergantian posisi Tiko sapaan akrab Kartika Wirjoatmodjo paling lambat akan terjadi pada bulan Januari 2020 mendatang.

"Sesuai dengan ketentuan, paling lama 90 hari dari tanggal penunjukan 25 Oktober itu, jadi akan melakukan RUPS. Berarti maksimal Januari 2020,” kata Hery di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (28/10/2019) malam.

Dia juga memastikan selama 90 hari tersebut tidak akan ada posisi Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama.

Dengan demikian, secara struktur organisasi, posisi dan tugas Dirut untuk sementara digantikan oleh Wakil Dirut yaitu Sulaiman Arif Arianto.

"Tidak ada Plt. Kalau dari strukturnya kan ada Dirut, ada Wadirut. Kalau Dirut berhalangan ya Wakil Dirutnya yang menggantikan," kata dia.

Terkait kinerja perusahaan, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mencatatkan pertumbuhan rata-rata Kredit Konsolidasi yang mencapai 11,5 persen (YoY) atau mencapai Rp 806,8 triliun pada September 2019.

Pertumbuhan kredit tersebut dibarengi dengan perbaikan kualitas, dimana rasio NPL gross turun 48 bps menjadi hanya 2,53 persen dibandingkan September tahun lalu.

Perbaikan ini membuat Bank Mandiri dapat menurunkan biaya CKPN sebesar 6,27 persen.

Pertumbuhan kredit yang diiringi dengan perbaikan kualitas kredit dan pengendalian biaya operasional melalui dukungan otomatisasi serta digitalisasi, membuat Bank Mandiri dapat mencatatkan laba hingga Rp 20,3 triliun, naik 11,9 persen dibandingkan pencapaian pada periode yang sama di tahun lalu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS