Suku Bunga Turun, OJK Minta Pengusaha Tak Ragu Ajukan Kredit ke Bank

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Suku Bunga Turun, OJK Minta Pengusaha Tak Ragu Ajukan Kredit ke Bank
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso. (Suara.com/Muslimin Trisyuliono)

"Kita akan berikan situasi kondusif, biar pengusaha bisa investasi dan perluas kapasitasnya terutama mendorong ekspor,"

Suara.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menjamin suku bunga kredit tak akan cepat naik. Apalagi, sebut dia, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) kini sudah mengalami penurunan yang sebesar 5 persen.

Hal itu disampaikanya di depan para pengusaha dalam acara CEO Networking di Ritz Carlton Pasific Place, Kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Untuk diketahui, berdasarkan data OJK, rata-rata Suku Bunga Dasar Kredit hingga akhir Agustus 2019 sekitar 9-10 persen.

"Suku bunga kita bisa tahan engga naik meski kemarin ada kenaikan policy rate untuk menjaga tapi sudah mulai diturunkan," ujar Wimboh.

Menurut Wimboh, perbankan juga diharapkan tak hanya mengandalkan suku bunga kredit untuk meraup pendapatan. Tapi juga menggunakan teknologi untuk mendapatkan pendapatan lain.

"Sektor perbankan yang efisiensi. Ini kebijakan perbankan operasinya menggunakan teknologi. Transform teknologi, fee basednya cukup besar," jelas dia.

Dengan kondisi itu, Wimboh berharap memberikan situasi kondusif untuk pengusaha, sehingga tanpa ragu untuk mengajukan kredit ke perbankan.

"Kita akan berikan situasi kondusif, biar pengusaha bisa investasi dan perluas kapasitasnya terutama mendorong ekspor," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS