Meski Ekonomi Lesu, Jumlah Miliarder Terus Bertambah

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Meski Ekonomi Lesu, Jumlah Miliarder Terus Bertambah
Ilustrasi orang kaya (Shutterstock).

Jumlah miliarder dunia terus bertambah.

Suara.com - Jumlah miliarder dunia terus bertambah, meskipun orang super kaya terus menguras saldo bank mereka di tahun lalu karena kondisi ekonomi global yang tengah mengalami kelesuan.

Sekarang ada sekitar 2.101 miliarder secara global. Sebanyak 589 individu atau naik 38,9 persen lebih dari lima tahun yang lalu, menurut laporan 2019 Billionaire Insights UBS seperti mengutip cnbc.com, Senin (11/11/2019).

Selama periode tersebut kekayaan gabungan mereka tumbuh lebih dari sepertiga atau naik 34,5 persen untuk mencapai total 8,5 miliar dolar AS triliun. Laporan ini mencakup tahun 2013 hingga 2018.

Total kekayaan miliarder sempat turun untuk pertama kalinya dalam lima tahun selama 2018 yang dikarenakan karena dolar AS yang terus menguat, gesekan perdagangan, kekhawatiran pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah.

Miliarder Amerika, adalah satu-satunya yang tidak menderita penurunan pada tahun 2018. Hingga akhir tahun, kawasan itu menjadi rumah bagi sekitar 749 miliarder dengan kekayaan gabungan 3,6 miliar dolar AS.

Namun, wilayah Asia Pasifik tetap menjadi rumah bagi miliarder pp di dunia. Dengan 754 miliarder, yang kekayaan gabungannya mencapai 2,5 miliar dolar AS, wilayah ini mewakili 36 persen. dari populasi miliarder global.

Dalam hal itu, China menyumbang 43 persen jumlah miliarder di dunia. India sebanyak 14 persen, Hong Kong 9 persen dan Jepang 4 persen.

Di Eropa, populasi miliarder Timur Tengah dan Afrika turun 5 persen tahun lalu menjadi 598 orang, yang kekayaan totalnya mencapai 2,4 miliar dolar AS.

Laporan itu juga menyoroti kenaikan penting dalam jumlah wanita yang bergabung dalam jajaran. Sekarang ada 233 miliarder perempuan secara global, naik 46 persen dari 160 yang tercatat pada tahun 2013 dan melampaui tingkat pertumbuhan 39 persen yang ditunjukkan oleh rekan-rekan pria mereka selama periode itu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS