ITDC: Pembangunan Sirkuit Mandalika NTB Baru 30 Persen

Reza Gunadha | Achmad Fauzi
ITDC: Pembangunan Sirkuit Mandalika NTB Baru 30 Persen
Proses Pengerjaan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat Untuk MotoGP Indonesia 2021. (Instagram/itdc_id)

"Saya rencanakan secara fisik seperti penggalian, pondasi, selesai pada akhir bulan ini," kata Wirawan

Suara.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) terus menggeber pembangunan Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hingga kekinian, pembangunan sirkuit tersebut sudah mencapai 30 persen.

Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan mengatakan, pihaknya tengah mengerjakan pondasi dan pemadatan bangunan sirkuit tersebut.

"Saya rencanakan secara fisik seperti penggalian, pondasi, selesai pada akhir bulan ini," kata Wirawan saat ditemui di Gedung Sinergi 8, Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Setelah itu, lanjut Wirawan, pihaknya akan melakukan pengaspalan secara bertahap. Menurutnya, aspal yang digunakan untuk Sirkuit berbeda dengan aspal untuk jalan tol atau jalan arteri, karenanya harus dilakukan secara bertahap.

"Karena trek ini agak berbeda dengan Jalan tol, enggak bisa sekaligus, harus pelan-pelan. Selain itu, unsur kerataannya beda, drainasenya beda, tak boleh tergenang sedikit pun. Begitu hujan 30 detik harus airnya mengalir, tergenang lebih dari 1 menit bahaya,” kata dia.

Wirawan menargetkan pengaspalan akan selesai pada Agustus 2020. Setelah itu, sirkuit akan diperiksa oleh FIM untuk mendapatkan sertifikasi Motogp.

"Kan kalau bulan januari sampai agustus selesai kami diperiksa FIM akhir agustus, atau mungkin awal september kalau ini indikasi awal sudah laik digunakan. Penyelenggara nanti mengumumkan apakah bisa masuk kalender 2021, semua pekerjaan bisa tuntas,” kata dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS