Mari Elka Sebut Bank Dunia Tak Lagi Kasih Utangan ke Sektor Energi Fosil

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Mari Elka Sebut Bank Dunia Tak Lagi Kasih Utangan ke Sektor Energi Fosil
Ilustrasi pertambangan batubara. [Shutterstock]

"Bank dunia, sudah tidak mau lagi mendanai hal-hal yang terkait penggunaan energi seperti minyak bumi dan batu bara,"

Suara.com - Mari Elka Pangestu sebentar lagi menjabat sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia.

Meski belum berkantor, Mari Elka Pangestu mengatakan, lembaga keuangan dunia seperti World Bank tidak akan lagi memberikan pendanaan terhadap pemanfaatan energi fosil seperti minyak bumi dan batu bara, karena dinilai sudah tidak relevan lagi dengan kondisi lingkungan global saat ini.

"Perusahaan maupun yang memberi dana, bank atau lembaga internasional seperti bank dunia, sudah tidak mau lagi mendanai hal-hal yang terkait penggunaan energi seperti minyak bumi dan batu bara," kata Mari Elka Pangestu saat acara Indonesia Milenial Summit 2020, di The Tribarata, Jakarta,  Jumat (17/1/2020).

Dirinya mencontohkan, bahwa lembaga keuangan semisal Standard Chartered telah berkomitmen untuk tidak lagi menggelontorkan uangnya untuk pengembangan pembangkit listrik dengan penggunaan batu bara.

"Misalnya Standard Chartered, sudah mengumumkan tidak akan memberi pinjaman kepada power plant yang menggunakan batu bara. Dan perusahaan sendiri sudah mulai corporate sustainable report, seperti yang kita sudah miliki di OJK. Dia harus melapor apa yang saya lakukan dalam rangka sustainability," papar dia.

Mari juga memastikan bahwa Bank Dunia juga mulai selektif dalam menyalurkan kredit untuk pembangunan proyek energi. Sikap ini juga sudah disampaikan ke pemerintah Indonesia beberapa waktu lalu.

"Jadi ada syarat-syarat sustainability-nya," kata dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS