Mendes PDTT Gandeng Tokopedia Pasarkan Produk UKM

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Mendes PDTT Gandeng Tokopedia Pasarkan Produk UKM
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar bersiap mengikuti foto bersama seusai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). [ANTARA FOTO/Wahyu Putro]

Mendes menggandeng e-commerce Tokopedia untuk bisa memasarkan produk-produk Usaha Kecil Menengah dari desa.

Suara.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menggandeng e-commerce Tokopedia untuk bisa memasarkan produk-produk Usaha Kecil Menengah dari desa.

Selain itu, ia juga meminta Tokopedia meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang literasi digital, salah satunya e-commerce.

"Padahal potensi produk unggulan di desa cukup besar, seperti potensi perikanan, pertanian, perkebunan dan pariwisata," ujar Halim dalam keterangannya, Senin (3/2/2020).

Menurut Halim, pentingnya literasi digital dikenalkan pada masyarakat desa untuk bisa menjadi pengguna aktif literasi digital.

Pelaku UKM di desa akan lebih mudah dalam bertransaksi. Para pelaku usaha di desa nantinya akan diberikan pelatihan literasi digital agar pengemasan produk lebih menarik perhatian konsumen dan bisa tembus ke pasar yang lebih luas bahkan internasional.

Nanti, tambahnya, jika pelatihan sudah berjalan dan sudah selesai, masyarakat yang punya toko bisa jual-beli via Tokopedia ataupun e-commerce yang lainnya, intinya untuk mempermudah masyarakat.

"Selain memperkenalkan produk desa, otomatis juga akan memperkenalkan daerahnya ke kancah yang lebih luas," imbuh Halim.

Pertemuan dengan Mendes, Tokopedia diwakili CEO William Tanuwijaya, Astri Wahyuni sebagai VP Public Policy and Government Relation (PPGR), Indra Yonathan sebagai VP Regional Expansion, Sari Kacaribu sebagai Head of PPGR, Agung Pamungkas sebagai Lead of PPGR dan Nursida sebagai Business Development of Regional Expansion.

“Kami sangat berterima kasih telah diterima dengan baik oleh pihak Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Tokopedia selalu mengutamakan kolaborasi dengan para mitra strategis, termasuk pemerintah, dalam upaya mendorong pemerataan ekonomi secara digital," ujar Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Tokopedia, Astri Wahyuni.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS