Ketahui Hal Ini Dulu Sebelum Pilih Melanjutkan Bisnis Keluarga

Arsito Hidayatullah
Ketahui Hal Ini Dulu Sebelum Pilih Melanjutkan Bisnis Keluarga
Ilustrasi mengelola bisnis keluarga, dunia bisnis. (Shutterstock)

Pastikan Anda punya persiapan yang matang ketika akan terjun dan menangani bisnis keluarga secara langsung.

Suara.com - Harus diakui bahwa menjalankan bisnis tidaklah selalu semudah yang dibayangkan, bahkan meski itu bukanlah bisnis dalam skala besar. Tantangan ini bahkan akan semakin besar jika Anda melanjutkan bisnis keluarga yang sudah berjalan sejak lama.

Mewarisi bisnis keluarga yang sudah berjalan tak selalu mudah. Jika ternyata selama ini bisnis tersebut belum berjalan maksimal, maka Anda akan memiliki tanggung jawab untuk membangunnya menjadi sukses. Sebaliknya, jika ternyata selama ini bisnis tersebut berjalan sukses, maka Anda harus mampu membuat kesuksesan itu bertahan sehingga bisnis keluarga bisa berumur panjang.

Pastikan Anda punya persiapan yang matang ketika akan terjun dan menangani bisnis keluarga secara langsung. Hal ini penting, terutama sekali jika selama ini Anda justru belum pernah terlibat di dalam bisnis tersebut.

Jangan sampai bisnis keluarga mengalami kemunduran setelah berada di tangan Anda, hanya karena Anda tidak mengurus dan menjalankannya dengan cara yang tepat. Jika itu terjadi, bukannya semakin maju, tak tertutup kemungkinan bisnis keluarga Anda malah jadi gulung tikar.

So, hindarilah kesalahan tersebut. Mulailah persiapkan diri dan mental untuk menerima tanggung jawab, serta menjalankannya dengan baik. Makanya, sebelum memutuskan untuk melanjutkan bisnis keluarga, seperti ditulis Cermati.com, ketahuilah hal-hal ini terlebih dahulu.

1. Mulailah Menyukai dan Peduli pada Bisnis Tersebut

Rasa nyaman akan lebih mudah datang ketika Anda menyukai sesuatu. Hal seperti ini juga terjadi saat terjun ke dunia bisnis. Sebaliknya, jika Anda sudah tidak suka sejak awal dan merasa terbebani dengan bisnis tersebut, maka Anda akan menanganinya dengan berat hati.

Sama seperti pekerjaan lainnya, bisnis juga tidak akan berjalan maksimal jika dijalani dengan terpaksa. Hindarilah kondisi seperti ini. Sebab, semua itu hanya akan membuat Anda lelah ketika bekerja di bisnis tersebut.

Cobalah untuk mulai menyukai dan peduli terhadap bisnis tersebut, sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman. Lakukan pekerjaan Anda dengan baik dan kembangkanlah bisnis tersebut tanpa beban, sehingga tidak justru membuat terasa berat dan melelahkan.

Sikap seperti ini akan membuatu Anda lebih fokus dan bisa mengerahkan segala kemampuan dengan maksimal. Dan pada akhirnya, bisnis keluarga pun berpeluang untuk lebih berkembang lagi dari sebelumnya.

2. Terjun dan Terlibat Langsung

Jangan menangani bisnis dengan niat dan upaya setengah-setengah. Sebab, hasil yang akan kamu dapatkan juga hanya akan setengah saja dan tidak maksimal.

Sebagai penerus bisnis, Anda wajib terjun total dan terlibat langsung di dalam bisnis keluarga yang akan dijalankan. Hal ini akan membuat Anda lebih leluasa untuk melihat segala sesuatunya dengan jelas.

Anda akan mengerti dengan baik kondisi terakhir bisnis tersebut, baik itu kekurangan maupun kelebihannya. Semua itu akan memberikan pengalaman yang nyata, sehingga Anda mampu mengambil berbagai kebijakan yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis ke depannya.

3. Belajar untuk Memahami Bisnis

Jelas, kemampuan Anda tidak akan muncul secara instan. Kamu akan membutuhkan waktu cukup lama untuk benar-benar memahami sistem yang diterapkan di dalam bisnis keluarga tersebut. Makanya, akan sangat baik jika sebelum menangani langsung bisnis tersebut, Anda sudah ikut terlibat dan menjadi "karyawan" di sana.

Namun jika ternyata Anda benar-benar baru bergabung dengan bisnis itu dan langsung menjadi penerus, maka Anda perlu bekerja keras untuk bisa lebih memahami segala sesuatunya. Selain dari keluarga sendiri, Anda bisa dan perlu belajar bisnis dari berbagai sumber lain, semisal buku, artikel, situs online, dan lainnya. Itu akan sangat berguna dan membuat Anda bisa lebih mudah menangani bisnis tersebut.

4. Jangan Malas, Bekerja Keraslah

Meski hanya meneruskan bisnis keluarga, bukan berarti Anda bisa berleha-leha dalam menjalankannya. Bisnis tidak akan tumbuh di tangan pemalas. Dengan kata lain, bisnis membutuhkan seorang pekerja keras yang mampu mengerjakan banyak hal dengan tepat.

Anda wajib menjadi pekerja keras yang memiliki semangat kerja tinggi dalam menjalankan bisnis. Terutama jika selama ini bisnis tersebut sudah terbilang sukses di tangan keluarga Anda. Kerahkanlah semua kemampuan yang Anda miliki, sehingga bisnis keluarga Anda itu bisa lebih sukses lagi ke depannya.

5. Harus Punya Visi dan Target yang Jelas

Ke mana bisnis tersebut akan dibawa, dan bagaimana Anda melakukannya? Kedua hal ini menjadi poin penting yang wajib Anda pikirkan sejak awal. Pastikan Anda punya visi dan juga target yang jelas dalam menjalankan bisnis, sehingga bisa fokus dan mencapainya dengan baik.

Teruskan Bisnis Keluarga dengan Sukses

Meneruskan bisnis keluarga tidak selalu mudah untuk semua orang, apalagi jika selama ini Anda juga tidak terlibat di dalamnya. Pastikan Anda mau bekerja keras dan memulai segala sesuatunya dengan langkah yang tepat, sehingga bisnis keluarga bisa berjalan dan semakin sukses ke depannya. Kerahkan semua kemampuan terbaik Anda, dan tetaplah belajar agar bisnis keluarga Anda pun menjadi lebih sukses.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Dari "Serabutan" Jadi Keluarga Terkaya di Dunia, Tiru Rahasia Sukses Keluarga Walton!

Bagaimana Cara Jack Ma Membangun Bisnis Alibaba?

Agar Bisnis Makin Moncer, Maksimalkan Keuntungan dengan Cara Ini

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS