Ketahui Hal Ini Dulu Sebelum Pilih Melanjutkan Bisnis Keluarga

Arsito Hidayatullah
Ketahui Hal Ini Dulu Sebelum Pilih Melanjutkan Bisnis Keluarga
Ilustrasi mengelola bisnis keluarga, dunia bisnis. (Shutterstock)

Pastikan Anda punya persiapan yang matang ketika akan terjun dan menangani bisnis keluarga secara langsung.

Suara.com - Harus diakui bahwa menjalankan bisnis tidaklah selalu semudah yang dibayangkan, bahkan meski itu bukanlah bisnis dalam skala besar. Tantangan ini bahkan akan semakin besar jika Anda melanjutkan bisnis keluarga yang sudah berjalan sejak lama.

Mewarisi bisnis keluarga yang sudah berjalan tak selalu mudah. Jika ternyata selama ini bisnis tersebut belum berjalan maksimal, maka Anda akan memiliki tanggung jawab untuk membangunnya menjadi sukses. Sebaliknya, jika ternyata selama ini bisnis tersebut berjalan sukses, maka Anda harus mampu membuat kesuksesan itu bertahan sehingga bisnis keluarga bisa berumur panjang.

Pastikan Anda punya persiapan yang matang ketika akan terjun dan menangani bisnis keluarga secara langsung. Hal ini penting, terutama sekali jika selama ini Anda justru belum pernah terlibat di dalam bisnis tersebut.

Jangan sampai bisnis keluarga mengalami kemunduran setelah berada di tangan Anda, hanya karena Anda tidak mengurus dan menjalankannya dengan cara yang tepat. Jika itu terjadi, bukannya semakin maju, tak tertutup kemungkinan bisnis keluarga Anda malah jadi gulung tikar.

So, hindarilah kesalahan tersebut. Mulailah persiapkan diri dan mental untuk menerima tanggung jawab, serta menjalankannya dengan baik. Makanya, sebelum memutuskan untuk melanjutkan bisnis keluarga, seperti ditulis Cermati.com, ketahuilah hal-hal ini terlebih dahulu.

1. Mulailah Menyukai dan Peduli pada Bisnis Tersebut

Rasa nyaman akan lebih mudah datang ketika Anda menyukai sesuatu. Hal seperti ini juga terjadi saat terjun ke dunia bisnis. Sebaliknya, jika Anda sudah tidak suka sejak awal dan merasa terbebani dengan bisnis tersebut, maka Anda akan menanganinya dengan berat hati.

Sama seperti pekerjaan lainnya, bisnis juga tidak akan berjalan maksimal jika dijalani dengan terpaksa. Hindarilah kondisi seperti ini. Sebab, semua itu hanya akan membuat Anda lelah ketika bekerja di bisnis tersebut.

Cobalah untuk mulai menyukai dan peduli terhadap bisnis tersebut, sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman. Lakukan pekerjaan Anda dengan baik dan kembangkanlah bisnis tersebut tanpa beban, sehingga tidak justru membuat terasa berat dan melelahkan.

Sikap seperti ini akan membuatu Anda lebih fokus dan bisa mengerahkan segala kemampuan dengan maksimal. Dan pada akhirnya, bisnis keluarga pun berpeluang untuk lebih berkembang lagi dari sebelumnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS