Mendag Klaim Harga Bahan Pokok Stabil, Termasuk Bawang Putih

Chandra Iswinarno | Achmad Fauzi
Mendag Klaim Harga Bahan Pokok Stabil, Termasuk Bawang Putih
Pedagang bawang putih sedang menunggu pembeli di Pasar Induk Kramat jati, Jakarta Timur, Jumat (07/02). [Suara.com/Alfian Winanto]

stok bawang putih sangat besar sehingga harga eceran di pasar mengalami penurunan secara drastis. Saat ini harga bawang putih stabil di harga Rp 32.000 per kilogram.

Suara.com - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengklaim harga bahan kebutuhan pokok relatif stabil di tengah Pandemi Virus Corona. Sehingga, tak akan menimbulkan inflasi yang tinggi.

Ia mengungkapkan, harga rata-rata nasional barang kebutuhan pokok per 15 April 2020 dibanding sebulan lalu 16 Maret 2020 umumnya relatif stabil dengan tingkat turun atau naik 0-5 persen seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, kedelai, daging sapi, telur ayam ras dan bawang putih.

"Kemudian, harga bahan pokok yang turun di atas 5 persen seperti daging ayam ras, cabe merah keriting dan cabe merah besar. Sedangkan bahan komoditi yang sempat naik di atas 5 persen seperti gula pasir, bawang merah, dan cabe rawit merah," ujar Agus dalam keterangannya, Kamis (16/4/2020).

Sementara itu, Agus juga melakukan pemantauan ke gudang importir bawang putih dan bawang bombay.

Diketahui, stok bawang putih sangat besar sehingga harga eceran di pasar mengalami penurunan secara drastis. Saat ini harga bawang putih stabil di harga Rp 32.000 per kilogram.

Turunnya harga bawang putih ini berkat terobosan kebijakan Kemendag yang memberikan relaksasi dengan membebaskan Persetujuan Impor dan Laporan Surveyor untuk komoditi bawang putih dan bawang bombay.

"Saat ini ada sekitar 34 kontainer yang satu kontainernya ada 29 ton bawang putih dan bawang bombay sudah berada di Pelabuhan Tanjung Priok dan akan terus masuk dari China."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS