Jokowi Bebaskan Impor Bawang Putih dan Bawang Bombay, Tak Perlu Izin

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Jokowi Bebaskan Impor Bawang Putih dan Bawang Bombay, Tak Perlu Izin
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)

Impor bawang putih dan bawang bombay tak perlu lagi menggunakan izin impor dari pemerintah.

Suara.com - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan bakal mempermudah proses izin importasi dua komoditas pangan yakni bawang putih dan bawang bombay. Khusus untuk kedua komoditas tersebut proses izinnya kini tak perlu lagi menggunakan izin impor dari pemerintah.

"Peraturan Menteri perdagangan nomor 27 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan menteri nomor 44 tahun 2019 tentang impor produk produk hortikultura, di mana komoditi bawang putih dan bawang bombay tidak lagi memerlukan izin impor untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto dalam konferensi pers via video teleconference di Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Menurut Suhanto keputusan importasi tanpa syarat untuk kedua komoditas tersebut telah disetujui oleh para pemangku kepentingan dalam rapat koordinasi di tingkat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Kami merapat bersama dengan unsur dari Kementerian Pertanian dan Satgas pangan yang artinya telah mencapai kesepakatan, kami juga telah disampaikan oleh Kepala Badan karantina Kementerian Pertanian mengatakan bahwa prosedur karantina untuk produk impor bawang putih dan bawang bombay yang dilakukan dalam rangka keamanan pangan akan dilakukan tanpa syarat," kata Suhanto.

Saat ini pemerintah akan mendatangkan sedikitnya 150 ribu ton bawang putih impor untuk menekan harga bawang putih yang mahal, sampai saat ini sudah ada 11 ton bawang putih yang sudah masuk ke Indonesia.

"Sampai tanggal 9 Maret kemarin yang sudah masuk menurut pantauan kami sudah mencapai 11 ribu ton. Belakangan ini dirasakan oleh masyarakat bawang putih mengalami kenaikan yang cukup tinggi untuk itu sesuai dengan arahan bapak presiden agar langkah yang diperlukan impor dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS