BPJS Kesehatan Tangerang Bekali Perlindungan Diri Bagi Petugas

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
BPJS Kesehatan Tangerang Bekali Perlindungan Diri Bagi Petugas
Pegawai melayani warga di kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Jakarta Timur, di Jakarta, Rabu (30/10). [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

Kualitas layanan tetap sebaik sebelum Covid-19 merebak.

Suara.com - BPJS Kesehatan tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat ditengah pandemi Covid-19. Pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan terbagi menjadi dua cara, pelayanan online maupun pelayanan di kantor cabang.

Kedua pelayanan ini sama–sama baik dan memberikan solusi cepat kepada peserta. Kualitas layanan tetap sebaik sebelum Covid-19 merebak.

Layanan online bisa peserta dapatkan dengan mengunduh dan memanfaatkan beberapa fasilitas yang tersedia seperti Mobile JKN, Chika maupun Vika.

Peserta bisa juga berbincang langsung dengan petugas melalui Care Center 1500 400 yang tersedia 24 jam untuk memenuhi kebutuhan peserta. Layanan di kantor tetap diberikan secara terbatas tanpa menyalahi protokol dan ketentuan pencegahan Covid-19.

“Saya coba datang ke kantor BPJS, karena akan urus kartu anak saya yang masih kuliah. Pelayanan masih ada ya, kami ditemui langsung oleh satpam sebelum meninggalkan berkas,” ujar Gito salah satu peserta JKN-KIS asal Tangerang , Rabu (6/5/2020). 

Menurut Gito, pelayanan yang disediakan di kantor cabang tentu memperhatikan keamanan baik bagi petugas maupun peserta. Petugas keamanan sebagai garda terdepan, tidak luput dari perhatian BPJS Kesehatan.

Gito juga melihat adanya penyediaan tempat cuci tangan, hand sanitizer dan masker yang dibagikan oleh petugas untuk keamanan dan perlindungan perserta, yang dibekali alat untuk melindungi diri.

Saat bertugas, petugas keamanan dibekali dengan masker untuk melindungi mereka. Selain itu, saat ini  BPJS Kesehatan menyediakan pelindung wajah sebagai alat perlindungan tambahan.

Intensitas satpam bertemu peserta cukup tinggi, maka dari itu, perlindungan ganda dibutuhkan untuk melindungi mereka yang tetap memberikan informasi kepada peserta yang datang.

“Saat saya datang, memang langsung ada satpam yang menyambut di depan. Mereka memberikan informasi dan menanyakan keperluan kita. Kemudian mereka juga infokan, apa kita harus lewat Mobile JKN atau bisa meninggalkan berkas disini. Satpam yang berjaga juga pakai masker, penutup wajah dan membawa alat pengecek suhu tubuh. Jadi mereka aman, kami pun juga nyaman dilayani,” ujarnya.

Perlindungan bagi petugas yang berjaga akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi semua pihak. Peserta dan petugas sama-sama bisa memberikan dan mendapatkan pelayanan yang memadai selama masa pandemi ini. Mari manfaatkan beragam kemudahan dari BPJS Kesehatan, tetap dirumah dan jaga kesehatan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS