Sri Mulyani Bayar Utang BUMN, Erick Thohir: Makasih

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Sri Mulyani Bayar Utang BUMN, Erick Thohir: Makasih
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Suara.com/Achamad Fauzi)

"Maka itu makasih atas dukungan Kemenkeu, banyak perusahaan BUMN utangnya dibayar karena utang ini sudah 3-4 tahun terjadi,"

Suara.com - Menteri BUMN Erick Thohir mengucapkan terima kasih ke Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Pasalnya, berkat Kementerian Keuangan beberapa utang beberapa BUMN bisa dibayar.

"Maka itu makasih atas dukungan Kemenkeu, banyak perusahaan BUMN utangnya dibayar karena utang ini sudah 3-4 tahun terjadi," ujar Erick Thohir dalam sebuah diskusi secara virtual di Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Mantan Bos Mahaka Media Grup ini menuturkan, saat ini beberapa BUMN-BUMN terpaksa melakukan restrukturisasi utang akibat bisnisnya terdampak virus corona.

"Contohnya global bond Inalum sebagian besar kita gunakan untuk recycle bond sebelumnya yang bunganya lebih tinggi. Ini kita lakukan terus, selain memperpanjang kita juga cari bunga-bunga lebih murah dan ini kesempatan, kita sudah melakukan hampir 3,5 miliar dolar AS dalam hal ini," ucap Erick.

Selain itu, Erick Thohir juga memotong belanja modal dan belanja operasional beberapa BUMN yang sebagian dananya digunakan untuk cadangan dana di kemudian hari.

"PLN kita cut hampir Rp 93 triliun. Atau hal lain yang kita lakukan di perusahaan BUMN," pungkas Erick.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS