facebook

Erick Thohir Beberkan Alasan Pangkas Direksi Pertamina dari 11 Jadi 6 Orang

Chandra Iswinarno | Achmad Fauzi
Erick Thohir Beberkan Alasan Pangkas Direksi Pertamina dari 11 Jadi 6 Orang
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Suara.com/Achamad Fauzi)

Tugas dari direksi yang dipangkas itu akan diemban oleh subholding.

Suara.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memangkas jumlah direksi PT Pertamina (Persero) dari 11 menjadi 6 direksi. Menurut Erick, pemangkasan jumlah direksi ini agar Pertamina fokus pada bisnis utamanya.

"Kalau kita lihat di Pertamina kan ada holding, ada juga sub holding kan. Nah, yang di Holding itu direksinya itu harus enam. nggak boleh kebanyakan," ujar Erick dalam video conference di Jakarta, Jumat (12/6/2020).

Mantan Presiden Klub Inter Milan ini menjelaskan, tugas dari direksi yang dipangkas itu akan diemban oleh subholding. Justru, bilang Erick, dengan banyak direksi banyak kebijakan yang tak seirama, sehingga kebijakan tak berjalan dengan baik.

"Ada subholding upstream. Hulu kan banyak. Kebijakan nggak seirama. Salah satu buktinya lifting menurun. Dengan kebijakan disatukan, portofolio disatukan maka kami harapkan ada sinergi," jelas Erick.

Baca Juga: Cara Isi BBM di SPBU Pertamina Pada Masa New Normal

Selain itu, tambah Erick, perampingan direksi ini juga untuk efisien dan bisa transfer pengetahuan terkait dengan dunia perminyakan.

"Misalnya lifting bisa tumbuh. ini makanya kudu konsolidasi. Misalnya juga ada PGN kan. Marketing trading, kan di pertamina ada product. Ada oli, merek bensin dan solar kan banyak. Ini mau jadi satu buat strategis," ucap Erick.

Untuk diketahui, dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina, Erick Thohir tetap mempertahankan Nicke Widyawati dari kursi Direktur Utama.

Tak hanya  itu, Erick juga menunjuk mantan Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset (persero)atau PPA Iman Rachman menjadi Direktur of Strategi Portofolio & New Venture.

Adapun berikut susunan Direksi Pertamina;

Baca Juga: Harga BBM Bersubsidi Pertamina Tak Pernah Naik Sejak 2016

  • Direktur Utama: Nicke Widyawati
  • Direktor of Strategi Portofolio & New Venture: Iman Rachman
  • Direktor of Finance: Emma Srimartini
  • Direktor of Human Capital: Kashartanto
  • Direktir of Integrated Logistics & Infrastructur: Mulyono
  • Direktor of Corporate Service: Haryo Yuwanto

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar