Pelaku Usaha Harus Lakukan 3R Agar Bisa Bertahan di Era New Normal

Chandra Iswinarno | Achmad Fauzi
Pelaku Usaha Harus Lakukan 3R Agar Bisa Bertahan di Era New Normal
Pengamat Marketing/branding sekaligus Penulis Buku, Yuswohady berpose saat ditemui di Jakarta, Kamis (11/4). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Misalnya, pada bisnis makanan harus tetap menjaga kehigienitas dan kesehatan makanan yang dijual. Sebab, di masa pandemi ini, orang banyak lebih memilih makanan yang higienis.

Suara.com - Pakar Marketing Yuswohady menyebut pelaku usaha harus merubah cara berusaha di era new normal. Hal ini, agar usahanya tetap bertahan, meski dihantam Covid-19.

Pria yang akrab disapa Siwo ini mengungkapkan, pelaku usaha harus menerapkan 3R yaitu Rebound, Reboot, dan Reborn dalam hadapi era New Normal.

"Pertama Rebound, semua pemain indonesia harus reboud, dari posisi bawah ke atas lagi, sehingga setelah kenormalan baru, perusahaan akan survive," ujar Siwo dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (25/6/2020).

Kedua, lanjut Siwo, semua pelaku usaha harus menata ulang bisnisnya agar relevan di era New Normal ini. 

Misalnya, pada bisnis makanan harus tetap menjaga kehigienitas dan kesehatan makanan yang dijual. Sebab, di masa pandemi ini, orang banyak lebih memilih makanan yang higienitasnya terjaga dibanding harga.

"Ketiga reborn, pelaku usaha terlahir kembali. After covid pelaku usaha harus lakukan ketiga ini," ucap Siwo. 

Dalam hal ini, Yuswohady pun mengajak pelaku usaha mengikuti Indonesia Brand Forum (IBF) 2020. IBF merupakan ajang bertemunya para pemilik brand untuk saling berbagi best  practices di industrinya masing-masing, sekaligus juga mendengarkan paparan para ahli serta pengamat dunia pemasaran mengenai tren-tren bisnis dan pemasaran yang wajib dicermati.

Digelar pada 30 Juni sampai dengan 2 Juli 2020, IBF 2020 adalah pelaksanaan IBF yang keempat. Berbeda  dengan acara sebelumnya, IBF kali ini digelar secara webinar. 

Dibuka oleh Arief Yahya, mantan Menteri Pariwisata sebagai keynote speaker, acara ini menghadirkan 36 pembicara yang datang dari beragam industri, mayoritas adalah pemimpin perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, ajang ini sangat penting dan sayang buat dilewatkan. 

"Karena IBF 2020 akan menjadi panduan bagi brand dalam melakukan REBOUND REBOOT-REBORN untuk sukses di kenormalan baru. Ini merupakan branding conference paling komprehensif di masa pandemi yang membahas 40+ branding topics dan industry comeback di era new normal," imbuh Yuswohady yang juga sebagai Chairman IBF 2020.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS