Nilai Tukar Rupiah Loyo ke Level Rp 14.341 per Dolar AS

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Nilai Tukar Rupiah Loyo ke Level Rp 14.341 per Dolar AS
Suasana gerai penukaran uang di Jakarta.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan awal Juli 2020 kembali dibuka tak berdaya.

Suara.com - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan awal Juli 2020 kembali dibuka tak berdaya. Mengutip Bank Indonesia (BI) kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor Rabu (1/7/2020) rupiah melemah 39 poin ke level Rp 14.341 dari posisi sebelumnya di level Rp 14.302.

Sedangkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah berada pada level Rp 14.290 per dolar AS atau melemah 25 poin dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.265 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, masih melemahnya nilai tukar rupiah karena kekhawatiran melambatnya pemulihan ekonomi karena masih banyaknya kasus baru covid-19.

"Kekhawatiran melambatnya pemulihan ekonomi karena masih meningginya kasus Covid-19 masih akan menekan pergerakan aset berisiko,” kata Ariston dalam analisanya.

Selain itu, lanjutnya pengesahan UU keamanan berpotensi meningkatkan ketegangan antara AS dan China yang juga akan memberikan sentimen negatif ke aset berisiko.

Di sisi lain, tambah Ariston, rilisnya data inflasi Indonesia untuk bulan Juni, bila menunjukan angka yang lebih rendah di bawah 2 persen mengindikasikan aktivitas ekonomi Indonesia melambat, bisa memberikan sentimen negatif ke rupiah.

"Rupiah bisa kembali melemah, dengan potensi di kisaran Rp 14.150 - Rp 14.330," kata Ariston.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS