alexametrics

Goorita Targetkan 5.000 UMKM Rambah Pasar Global

Iwan Supriyatna
Goorita Targetkan 5.000 UMKM Rambah Pasar Global
Founder Goorita, Yuwono Wicaksono.

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sudah tentu menjadi sektor prioritas yang perlu dikembangkan.

Suara.com - Sebagai salah satu sektor penting penunjang perekonomian Negara, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sudah tentu menjadi sektor prioritas yang perlu dikembangkan.

Sejalan dengan program pemerintah dan arahan Presiden Jokowi terkait pengembangan UMKM, Goorita memberikan solusi yang dapat memudahkan UMKM untuk merambah pasar internasional dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Goorita merupakan platform one stop solution UMKM Indonesia untuk going international dimana kami menjembatani permasalahan yang sering dihadapi oleh para UMKM dalam melakukan ekspor produk lokal ke mancanegara, diantaranya proses pemasaran hingga pengiriman barang ke luar negeri,” ungkap Founder Goorita, Yuwono Wicaksono dalam keterangannya, Rabu (24/2/2021).

Terkait latar belakang, Yuwono mengungkapkan bahwa dirinya melihat produk Indonesia memiliki peluang dan market yang potensial di pasar global, khususnya Amerika dan Eropa.

Baca Juga: Bantu UMKM, DPR Minta BUMN Permodalan Beri Formulasi Tepat

Selain itu, minimnya pemahaman ekspor menjadi kendala sebagian besar pelaku UMKM di tanah air untuk memasarkan produk ke pasar global.

Mengusung tagline ‘Ready to Fight for Indonesia’, Goorita hadir membantu UMKM tanah air mulai dari pemasaran hingga pengiriman produk sampai tujuan melalui tiga layanan unggulan, diantaranya Marketplace, Fullfillment dan Logistics.

  1. Marketplace : Goorita terkoneksi dengan beberapa marketplace Internasional seperti eBay dan Amazon untuk mempermudah UMKM dalam memasarkan dan mengelola toko online mereka di marketplace global tersebut. Mulai dari pembuatan toko online, listing produk, manajemen stok, proses pesanan, pengiriman barang, monitoring pengiriman hingga pembayaran dari pembeli semuanya dengan mudah dapat dilakukan melalui satu platform digital Goorita. Untuk para UMKM yang belum terbiasa menggunakan platform digital, Goorita juga siap memberikan pembinaan agar UMKM tersebut bisa naik kelas siap ekspor.
  2. Fullfillment : Layanan ini membantu pelaku UMKM Indonesia yang sudah memiliki toko dan pembeli dari luar negeri dengan cara memudahkan proses operasional dan logistik yang umumnya sangat menyita waktu dan tenaga mereka. Mulai dari penyimpanan produk di gudang, manajemen stok barang, proses pesanan dari marketplace terintegrasi, packing hingga pengiriman sampai ke tangan pembeli semua dilakukan oleh Goorita melalui layanan Fulfillment. Dengan layanan ini diharapkan UMKM dapat fokus ke proses produksi dan pemasaran barang tanpa harus disibukkan dengan operasionalnya.
  3. Logistics : Goorita telah bekerjasama dengan perusahaan logistic internasional dan domestik dalam pengiriman barang. Dengan layanan logistik ini, UMKM dapat mengirimkan barang dengan tarif pengiriman internasional yang bersahabat . Dengan menekan biaya pengiriman internasional, otomatis harga jual produk lokal di luar negeri bisa menjadi semakin kompetitif. Layanan logistik ini juga dapat dengan mudah diakses melalui platform Goorita yang sudah dilengkapi dengan kalkulasi otomatis shipping rate dengan pilihan layanan pengiriman tercepat atau termurah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing UMKM.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Sony tersebut menambahkan, selain pemasaran online, Goorita juga membantu pemasaran produk secara offline yang dipasarkan toko offline store setempat dan komunitas WNI di berbagai Negara.

“Kami juga membantu memasarkan produk Anda secara offline baik offline store juga komunitas diaspora diberbagai negara. Dengan program 10.000 Indonesian Diaspora for UMKM, kami berharap bisa memberdayakan Diaspora Indonesia yang jumlahnya sangat banyak tersebar di seluruh dunia,” kata Sony.

“Saat ini kami telah membantu kurang lebih 270 pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka ke luar negeri dengan total kiriman mencapai 10 Ton. Tahun ini (2021) kami menargetkan sebanyak 5.000 pelaku UMKM bergabung dengan Goorita,” sambung Sony.

Baca Juga: DPR Dorong BUMN Permodalan Permudah Pelaku UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Keuntungan bagi UMKM bergabung dengan layanan Goorita diantaranya:

Komentar