alexametrics

Ekonomi Dunia Akan Lebih Maju Jika Perempuan Disetarakan

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Ekonomi Dunia Akan Lebih Maju Jika Perempuan Disetarakan
Ilustrasi Perempuan dan Tekfin. (Shutterstock)

Wanita memiliki peran luar biasa di semua bidang, termasuk ekonomi.

Suara.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan jika perempuan-perempuan di dunia ini diberikan kesempatan atau kesetaraan yang sama seperti laki-laki, maka manfaat yang bisa dirasakan bagi ekonomi global sangatlah luar biasa besar.

Berdasarkan data statistik dari McKinsey & Company yang dikutip Sri Mulyani, menunjukkan bahwa wanita memiliki peran luar biasa di semua bidang, termasuk ekonomi.

“Salah satu statistik dari McKinsey & Company menunjukkan, secara global apabila perekonomian memberi kesempatan yang sama bagi perempuan, maka ekonommi global bisa mendapat manfaat 12 triliun dolar AS pada 2025,” kata Sri Mulyani dalam acara webinar nasional bertajuk' Ekonomi dan Keuangan Syariah' Rabu (21/4/2021).

Khusus untuk kawasan Asia Pasifik, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa kesamaan gender dari peran perempuan di bidang ekonomi bisa memberi nilai tambah sebesar 4,5 triliun dolar AS.

Baca Juga: Peran Kartini di Mata Sri Mulyani

Dengan begitu, apabila sebuah negara atau perekonomian memberi kesempatan yang inklusif dengan sama baik antara perempuan dan laki-laki, dia meyakini bahwa ekonomi dunia akan semakin maju dan kebal terhadap sebuah krisis.

"Ini akan memberikan efek dalam bentuk daya tahan," katanya.

Bahkan kata dia, secara nilai tambah perekonomian dunia akan meningkat sebesar 26 persen.

"Ini adalah angka yang besar," pungkasnya.

Baca Juga: Viral Kisah Perempuan Pagaralam Menikah dengan Bule, Kangen Pulang Kampung

Komentar