alexametrics

Ketua Apeksi : Kolaborasi Pentahelix, Cara untuk Beradaptasi di Masa Pandemi

Iwan Supriyatna
Ketua Apeksi : Kolaborasi Pentahelix, Cara untuk Beradaptasi di Masa Pandemi
Ketua Dewan Pembina APEKSI Bima Arya Sugiarto.

Rumus untuk bisa meraih prestasi maksimal di masa pandemi adalah dengan melakukan kolaborasi dan juga sinergi.

Suara.com - Wali Kota diminta untuk mengedepankan kolaborasi dalam menjalankan tugas, khususnya untuk meningkatkan pelayanan publik. Ketua Dewan Pembina APEKSI Bima Arya Sugiarto mengatakan, permasalahan yang dihadapi wali kota pada masa pandemi semakin kompleks ditambah dengan keterbatasan sumber daya manusia.

Karena itu, rumus untuk bisa meraih prestasi maksimal di masa pandemi adalah dengan melakukan kolaborasi dan juga sinergi.

“Rumus yang relevan adalah berbagi, saling menginspirasi, kolaborasi dan sinergi. Skema pentahelix yaitu kolaborasi antara pemerintah, kampus, pengusaha, komunitas dan media sangat dimungkinkan. Saya melihat di era pandemi, kepala daerah yang piawai kolaborasi dengan pentahelix bisa beradaptasi dan berprestasi. Impitan ekonomi, tekanan sosial dan juga politik selalu ada tetapi dengan semangat kolaborasi segala sesuatu lebih mudah,” kata Bima Arya ditulis Rabu (26/5/2021).

Staf Khusus Menteri Keuangan Masyita Crystallin menambahkan, sinergi antara pemerintah pusat dan daerah menjadi faktor penting untuk pemulihan ekonomi.

Baca Juga: Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional Sudah Capai Rp 183 Triliun

Menurut dia, pemimpin daerah dan juga kebijakan ekonomi daerah penting tapi daerah urban jauh lebih penting untuk angkat pertumbuhan ekonomi.

“Pemerintah sudah menargetkan untuk menjadi negara maju pada 2045 bertepatan dengan HUT ke-100 Kemerdekaan Indonesia. Karena itu, pertumbuhan ekonomi 5 persen harus naik 7 persen agar bisa mengejar target tersebut. Karena itu, kerja sama dengan skema pentahelix bisa dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ujar Masyita.

Masyita menambahkan, pemerintah pusat terus berupaya meningkatkan perekonomian daerah di luar Jawa. Karena, selama ini Produk Domestik Bruto di pulau Jawa mencapai 60 persen.

Menurut dia, harus dilakukan diversifikasi pertumbuhan ekonomi dengan cara membangun infrastruktur di luar pulau Jawa.

Ketua Forum Rektor Indonesia Arif Satria menambahkan, konsep pentahelix berhasil diterapkan di salah satu kota di Jepang yaitu Kitakyushu. Kata dia, pada era 80-an, sungai-sungai di kota tersebut hitam dan langit abu-abu karena pencemaran.

Baca Juga: Muhaimin: Penanganan Covid Lebih Penting Dibanding Agenda Lain

Namun, berkat kolaborasi pentahelix, Kitakyushu berhasil membuat sungai menjadi jernih dan langit menjadi cerah.

Komentar