alexametrics

Trik Supaya Tagihan Listrik Tidak Melonjak

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Trik Supaya Tagihan Listrik Tidak Melonjak
Ilustrasi listrik.

Penggunaan listrik di rumah meningkat di masa PPKM.

Suara.com - Pada masa PPKM Level 4 ini, masyarakat belum bebas untuk keluar rumah, sehingga semua kegiatan bekerja maupun sekolah dilakukan di rumah. Dengan begitu, tanpa sengaja penggunaan listrik di rumah meningkat.

Akibatnya, tagihan listrik pun tanpa sadar juga meningkat, sehingga menambah beban pengeluaran.

Namun, terdapat trik yang bisa digunakan masyarakat agar tagihan listrik tidak melonjak. Pertama, gunakan alat elektronik dengan bijak, nyalakan saat diperlukan dan matikan jika sudah selesai digunakan.

Kemudian kedua, jika hanya akan meninggalkan ruangan dalam waktu yang sebentar, sebaiknya tidak perlu mematikan AC karena untuk menghidupkannya kembali diperlukan listrik yang besar.

Baca Juga: Produksi Powertrain Mobil Listrik, LG Magna e-Powertrain Sepakati Kepemilikan Saham

Dan ketiga, cek token listrik secara berkala untuk memastikan kecukupannya dan lakukan pengisian sebelum habis.

Lalu Keempat, untuk pelanggan pascabayar bisa melakukan pencatatan pemakaian listrik sendiri untuk menghindari kontak dengan petugas PLN.

Caranya cukup menggunakan fitur Catat Meter pada aplikasi PLN Mobile setiap tanggal 24-27. Hasil pencatatan ini yang akan menjadi dasar pembayaran listrik bulan berikutnya.

Setelah catat meter mandiri juga bisa terlihat estimasi rekening listriknya sehingga bisa mempersiapkan anggaran untuk membayarnya

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan menyampaikan, bahwa petugas PLN akan siap 24 jam untuk menjaga keandalan pasokan listrik saat semua kegiatan banyak dilakukan dari rumah.

Baca Juga: Ini Trik Agar Tagihan Listrik Rumah Tidak Jebol Selama PPKM Level 4

"Jika tidak ada kegiatan mendesak silakan untuk tetap di rumah dan kami siap menjaga listriknya agar berada di rumah saja tetap nyaman," ujar Doddy dalam keterangannya, Kamis (29/9/2021).

Komentar