alexametrics

Dongkrak Pendapatan, MNCN Monetisasi Karakter Animasi, Medsos dan Game Online

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Dongkrak Pendapatan, MNCN Monetisasi Karakter Animasi, Medsos dan Game Online
Ilustrasi pendapatan. (Shutterstock)

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) berfokus untuk memperluas sumber pendapatan kontennya.

Suara.com - PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) berfokus untuk memperluas sumber pendapatan kontennya melalui berbagai upaya dalam meningkatkan pendapatan yang berasal dari monetisasi Intellectual Property.

Baru-baru ini, MNCN telah memiliki kesepakatan dengan beberapa perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) terkait hak dalam penggunaan karakter dan logo serial drama milik Perseroan pada kemasan produk mereka untuk meningkatkan pemasaran merek tersebut, melalui popularitas karakter yang luar biasa di masyarakat.

Lebih lanjut, Perseroan juga memiliki KIKO, konten animasi yang diproduksi sendiri oleh Perseroan dan sangat sukses di pasaran, telah hadir di lebih dari 63 negara di seluruh dunia.

IP animasi populer lainnya yang berjudul Bima, dilisensikan untuk produksi mainan dan telah menerima respons konsumen yang luar biasa, dimana dalam waktu satu minggu, lisensi tersebut menerima lebih dari 2 juta pesanan.

Baca Juga: Semester Satu, Realisasi Pendapatan Daerah Kota Medan Rp 2,3 Triliun

"Kami memahami dinamika perubahan pada industri media di Indonesia. Tim manajemen berfokus pada pencapaian target operasional dan keuangan kami, serta berinvestasi dalam inovasi untuk membangun fondasi baru agar mencapai kesuksesan baik di lini media tradisional maupun digital yang berkembang pesat," ujar Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo dalam keterangannya, Rabu (8/9/2021).

Sementara, Direktur Utama PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), Noersin mengatakna, perseroan berkomitmen untuk memperkuat kualitas kemampuan produksi dan terus meningkatkan jumlah produksi konten lokal terbaru bagi platform TV-nya.

Saat ini, konten lokal menunjukkan hasil yang memuaskan dengan secara konsisten meraih lebih dari 53% pangsa pemirsa selama empat bulan terakhir.

Selain itu, imbuhnya, serial drama Perseroan dengan kinerja terbaik berjudul Ikatan Cinta telah mempertahankan rekor rating dan pangsa pemirsa, serta berhasil meraih posisi tertinggi, baik sebagai program terbaik di bulan Juli dan juga sebagai program drama seri yang terbaik di sepanjang tahun, berdasarkan data Nielsen.

"Program-program MNCN lainnya juga menunjukkan kinerja yang luar biasa dengan mencatatkan 9 dari 10 program, masuk sebagai program yang paling banyak ditonton selama bulan Juli 2021," kata Noersing.

Baca Juga: Viral Driver Ojol Ungkap Pendapatan Fantastis, Triknya Bikin Publik Heboh

MNCN memiliki unit manajemen artis terbesar di Indonesia dengan sekitar 400 artis di bawah naungannya, yang mewakili berbagai kategori talent seperti penyanyi, presenter, aktor, aktris, komedian, koki, pesulap, dan influencer di media sosial.

Komentar