alexametrics

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi, Bisa Jadi Jurnalis Hingga PNS

Rifan Aditya
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi, Bisa Jadi Jurnalis Hingga PNS
Prospek kerja ilmu komunikasi - Ilustrasi mahasiswa (pexels.com/@anastasiya-gepp-654466)

Berikut prospek kerja ilmu komunikasi yang bisa menjadi pilihan karier.

Suara.com - Hampir seluruh universitas di Indonesia bahkan di seluruh dunia memiliki jurusan ilmu komunikasi. Itu artinya jurusan ini termasuk penting di dunia kerja maupun bagi kehidupan bermasyarakat. Lantas bagaimana prospek kerja ilmu komunikasi

Ilmu Komunikasi mempelajari dasar-dasar hubungan antar manusia dan kehidupan sosial. Didalamnya juga mempelajari komunikasi manusia pada berbagai tingkatan mulai dari individu, media, periklanan hingga komunikasi seni.

Jurusan tersebut juga mempelajari cara untuk menyampaikan pesan melalui berbagai medium. Mulai dari lisan, tulisan, video bahkan gambar.

Jurusan ilmu komunikasi juga memiliki sejumlah peminatan. Misalnya di Universitas Gadjah Mada yang menetapkan empat peminatan sebagai kompetensi yang bisa dipilih oleh mahasiswa, yakni  jurnalisme, media hiburan,  humas, dan periklanan. 

Baca Juga: Dear Calon Mahasiswa, Ini 20 Profesi Paling Populer 2025!

Dengan demikian ilmu komunikasi sebenarnya memiliki cakupan yang cukup luas. Berikut prospek kerja ilmu komunikasi yang bisa menjadi pilihan karier. 

1. Jurnalistik dan media

Bidang jurnalistik berkutat pada ada bidang kewartawanan.  Media juga menjadi sarana atau alat untuk menyampaikan sebuah berita. Lulusan ilmu komunikasi yang mengambil peminatan jurnalisme dapat mengambil pekerjaan dalam bidang ini. Misalnnya dengan menjadi Jurnalis TV, Reporter atau penyiar televisi maupun radio atau jurnalis media online. 

2. Penyiaran

Bidang penyiaran sebenarnya memiliki jurusannya sendiri. Namun lulusan ilmu Komunikasi juga berkesempatan untuk bekerja di bidang ini. Contohnya bisa menjadi produser TV maupun radio, content creator, videografer, filmmaker, sutradara, posisi di bidang penyiaran lainnya. 

Baca Juga: Prodi Ilmu Komunikasi UAYO Laksanakan Proyek Komunikasi Di BUMDes Remboko Sleman

3. Humas 

Saat melamar di sebuah perusahaan, lulusan ilmu komunikasi biasanya ditempatkan di di posisi public relation (humas). Selain itu lulusannya juga bisa melamar di instansi pemerintahan untuk posisi humas maupun analis komunikasi. 

4.  Periklanan

Bagi yang meminati bidang periklanan, ada banyak lowongan kerja yang menanti setelah lulus. Misalnya menjadi copywriter, desainer grafis media planner,  maupun account executive.

5. Industri media kreatif

Media komunikasi telah berkembang pesat sehingga memunculkan peluang karir yang yang bagus juga. Jurusan ilmu komunikasi juga bisa menjadi konten kreator di media digital maupun menjadi entrepreneur digital. 

 6. PNS

Pegawai negeri sipil menjadi salah satu profesi yang paling diidamkan oleh banyak orang. Lulusan ilmu Komunikasi juga memiliki kesempatan untuk mendaftar sebagai aparatur sipil negara. Salah satu caranya dengan mendaftar ASN kementerian komunikasi dan informasi.

Itu beberapa prospek kerja ilmu komunikasi mulai dari jurnalis hingga PNS. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari jurusan kuliah.

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Komentar