alexametrics

Boyband Korea Dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang Sejarah, Ternyata Bukan BTS!

M Nurhadi
Boyband Korea Dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang Sejarah, Ternyata Bukan BTS!
Boy Grup BTS. (twitter/ @bts_bighit)

BTS menjadi boyband yang konsisten menghasilkan uang paling banyak dalam sepuluh tahun terakhir. Tapi bukan yang tertinggi sepanjang sejarah.

Suara.com - Penetrasi budaya Korea Selatan ke seluruh dunia mendatangkan pendapatan yang sangat besar. Banyak yang mengira boyband besutan Big Hit Entertainment, BTS, menjadi pencetak rekor tertinggi. Namun prediksi itu meleset. Rekor Boyband Korea Pendapatan Tertinggi justru dipegang oleh Wanna One.

Pelantun lagu Energetic dan Beautiful itu sukses mengantongi 17 juta dolar Amerika atau sekitar 227,4 miliar won hanya dalam waktu dua bulan. Wanna One juga menjadi satu-satunya boyband yang populer sebelum mereka memulai debut.

Walau demikian, BTS menjadi boyband yang konsisten menghasilkan uang paling banyak dalam sepuluh tahun terakhir.

Situs Koreaboo.com menyebutkan BTS mampu menghasilkan rata-rata 10 juta dolar AS per bulan hanya dari penjualan merchandise. Ini belum termasuk tiket konser dan album. Konser BTS yang diadakan di Australia tahun lalu juga meraup 23,7 miliar won.

Baca Juga: 4 Fakta Kolaborasi Coldplay dan BTS: Tanggal Rilis dan Bocoran Liriknya

Jika dihitung dari semua komponen sumber pendapatan, BTS menjadi grup musik Korea paling kaya di seluruh dunia. BTS mampu menyumbang 95 persen dari total pendapatan Big Hit Entertainment.

Bigbang menduduki posisi ketiga dalam kategori boyband Korea terkaya di dunia. Pada 2016, Bigbang berhasil masuk dalam daftar 100 selebriti dengan bayaran tertinggi di Forbes. 

Fan Meeting Wanna One di Indonesian Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Minggu(21/1/2019) malam. (Sumarni/Suara.com)
Fan Meeting Wanna One di Indonesian Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Minggu(21/1/2019) malam. (Sumarni/Suara.com)

Majalah ekonomi AS itu mengungkapkan pendapatan Bigbang mencapai 44 juta dolar Amerika atau sekitar 576 miliar won per tahun.

Penghasilan tersebut juga belum termasuk yang didapatkan oleh masing-masing personilnya. Bahkan sang leader, G-Dragon memiliki pendapatan sekitar 10 miliar dolar. Bigbang mencuri perhatian publik dengan album [M] [A] [D] [E] yang total penjualan albumnya mencapai 40 triliun won.

Di posisi keempat, boyband terkaya di Korea Selatan adalah EXO. Saat debut, EXO dibagi menjadi 2 subunit yakni EXO K yang fokus pada industri musik di Korea dan EXO M yang fokus pada industri musik Tiongkok.

Baca Juga: BTS dan Coldplay Siap Rilis Lagu Duet, My Universe

Walaupun sempat ditinggalkan oleh beberapa personelnya, EXO masih menjadi aset besar SM Entertainment yang memperoleh lebih dari 13 juta dolar AS dari konser, album, iklan, dan merchandise.

Komentar