alexametrics

Kawasan Industri Bangkalan Diproyeksikan Jadi Pusat Pengembangan di Jawa Timur

M Nurhadi
Kawasan Industri Bangkalan Diproyeksikan Jadi Pusat Pengembangan di Jawa Timur
Sebagai Ilustrasi-Kawasan industri Java Integrated Industrial Ports and Estate di Gresik, Jawa Timur. [jiipe.com]

Kawasan industri di Bangkalan akan disasar Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebagai salah satu pusat pertumbuhan industri di Jawa Timur.

Suara.com - Kawasan industri di Bangkalan akan disasar Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebagai salah satu pusat pertumbuhan industri di Jawa Timur.

“Pembangunan industri tidak hanya dilakukan melalui pendekatan sektoral yang diwujudkan melalui penguatan struktur industri dan berdaya saing saja, tetapi juga perlu melalui pendekatan spasial yang dilaksanakan melalui pengembangan perwilayahan industri,” kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, Eko SA Cahyanto.

Dalam Kunjungan Kerja Spesifik bersama Komisi VII DPR RI di Kabupaten Bangkalan, Dirjen KPAII menjelaskan,saat ini terdapat 22 Wilayah Pusat Pertumbuhan Industri (WPPI) di Indonesia, termasuk Jawa Timur.

“Kabupaten Bangkalan termasuk dalam WPPI Jawa Timur sehingga menjadi tanggung jawab bersama untuk mengembangkan Bangkalan menjadi salah satu pusat pertumbuhan industri di Jawa Timur,” kata dia.

Baca Juga: Dapat Teguran dari Prabowo Usai Kritik Jokowi, Fadli Zon Didesak untuk Melawan

Ia menambahkan, Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang memberikan kontribusi terbesar pada PDB Nasional.

Tercatat pada 2020, Provinsi Jawa Timur memberikan kontribusi sebesar Rp2.300 triliun atau 15 persen terhadap PDB Nasional.

“Sektor industri pengolahan di Provinsi Jawa Timur menjadi kontributor terbesar bagi struktur PDRB Provinsi Jawa Timur, yaitu hingga 30,69 persen,” katanya.

Secara khusus, nilai PDRB Kabupaten Bangkalan selama periode 2016-2020 meningkat cukup signifikan dari Rp509 miliar menjadi Rp573 miliar atau naik 12,6 persen.

“Industri makanan dan minuman menjadi sektor dengan realisasi investasi industri terbesar di Bangkalan. Hal tersebut sejalan dengan harapan kami untuk mendorong adanya hilirisasi komoditas di Bangkalan dalam rangka peningkatan nilai tambah, PDRB dan penyerapan tenaga kerja,” imbuhnya.

Baca Juga: Di Inggris, Wakil Ketua DPD RI Jelaskan Relasi Islam dan Demokrasi Indonesia

Dirjen KPAII menyampaikan aspek tata ruang menjadi bagian penting dalam perencanaan pembangunan kawasan industri maupun sektor industri.

Komentar