alexametrics

Hijaukan Indonesia, Erick Thohir Wajibkan Perusahaan BUMN Tanam Pohon

Bangun Santoso | Achmad Fauzi
Hijaukan Indonesia, Erick Thohir Wajibkan Perusahaan BUMN Tanam Pohon
Menteri BUMN Erick Thohir. [Antara]

Erick berharap kegiatan hijaukan Indonesia ini tidak hanya dilakukan BUMN-BUMN saja

Suara.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengerahkan BUMN-BUMN untuk menghijaukan Indonesia dengan menanamkan ribuan pohon. Hal ini dilakukan untuk menjaga lingkungan hidup Indonesia.

Bahkan, Erik Thohir mengingatkan, penanaman pohon ini jadi kewajiban para BUMN-BUMN. Sebab, selama ini banyak pihak yang telah mengeksploitasi sumber daya alam Indonesia.

"Alhamdulillah kita sendiri masih diakui di dunia merupakan negara terbaik yang merawat hutannya, jadi walaupun negara-negara lain bicara mengenai lingkungan hidup, Indonesia ini salah satunya paru-paru dunia," ujar Erick dalam Penanaman Pohon BUMN Serentak, Minggu (28/11/2021).

Dalam hal ini, Erick berharap kegiatan hijaukan Indonesia ini tidak hanya dilakukan BUMN-BUMN saja, tetapi pemimpin daerah sampai swasta juga ikut mendukung geraka ini.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Para Direksi BUMN Tengah Stres Karena Dituntut Hal Ini

"Gerakan ini adalah gerakan hati, bukan gerakan nyuruh-nyuruh, tetapi gerakan hati. Bahwa kita bertanggung jawab terhadap masa depan kita, masa depan Indonesia, masa depan anak cuci kuta, dan kita yang paling penting buktikan kepada dunia, kalau dunia banyak bicara, kita sedikit bicara banyak bekerja," ucap dia.

Adapun, seremonial Program Menanam Pohon tersebut dilaksanakan secara serentak di tujuh titik di Indonesia dengan melibatkan BUMN, Pemerintah Daerah, dan para Mahasiswa Pencinta Alam(MAPALA).

Lokasi penanaman serentak tersebut, yaitu DKI Jakarta (Gedung Kementerian BUMN), Sumatera Utara (Danau Toba), Lampung (Wai Sekampung), Riau (Pekanbaru), Banten (Rangkasbitung), Jawa Timur (Malang), Sulawesi Selatan (Makassar), total sebanyak 3.970 pohon dengan jenis pohon endemik.

Beberapa BUMN yang terlibat, diantaranya PT Inalum (Persero)/MIND ID, PT Pelindo (Persero), PT Perkebunan Nusantara V, PT Perkebunan Nusantara VIII, PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero), Perum Perhutani, dan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Pegadaian, PT Asuransi Kredit Indonesia, PT Taspen (Persero) dan Perum LPPNPI (Airnav).

Menteri Erick secara simbolis menanam pohon pucuk merah dan tabebuya di halaman Gedung Kementerian BUMN. Kegiatan penanaman juga dilakukan oleh Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto, Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Tedi Bharata, dan Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Agus Suharyono.

Baca Juga: Kunjungi Universitas Brawijaya, Erick Thohir Beberkan 3 Tantangan Besar di Era Globalisasi

Komentar