alexametrics

Sempat Terhenti Akibat Pandemi, Layanan MCS on Call Kembali Hadir bagi Peserta JKN-KIS

Fabiola Febrinastri
Sempat Terhenti Akibat Pandemi, Layanan MCS on Call Kembali Hadir bagi Peserta JKN-KIS
Mobile Customer Service on Call. (Dok: BPJS Kesehatan)

MCS-OC BPJS Kesehatan Cabang Jambi dapat hadir di wilayah Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi.

Suara.com - BPJS Kesehatan Cabang Jambi kembali membuka layanan jemput bola Mobile Customer Service on Call atau yang akrab disebut layanan MCS-OC sebagai bagian dari upaya jemput bola layanan bagi masyarakat. Layanan ini sempat terhenti selama pandemi Covid-19, dan kali ini kembali dijalankan, demi mendekatkan akses masyarakat terhadap pelayanan adminsitrasi peserta program JKN-KIS.

Layanan yang dapat diakses pada MCS-OC ini berupa pelayanan pendaftaran peserta, perubahan data peserta hingga pemberian informasi dan pencetakan kartu kepesertaan. Pada kesempatan ini layanan MCS-OC hadir di Gedung Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi di Kecamatan Telanaipura, Jambi, Senin (29/11/2021).

“MCS-OC ini sempat kita hentikan, ketika kasus Covid-19 terus melonjak tinggi di Provinsi Jambi. Namun selama penghentian layanan MCS-OC ini, kami tetap terus menerima banyak permintaan untuk mendatangi kantor pemerintahan, bahkan desa-desa,” kata Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Kantor Cabang Jambi, Adithia Hangga Rimartha.

Layanan MCS-OC ini dilaksanakan kembali untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang tetap tinggi terhadap layanan Mobile Customer Service walaupun dalam masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Bantu Korban Banjir Kalimantan Barat, BPJS Kesehatan Salurkan Paket Sembako

Dengan pertimbangan tingginya persentase masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Kota Jambi yaitu mencapai 90%, BPJS Kesehatan kembali membuka layanan MCS ini dan yang menjadi pelanggan pertama adalah Kantor Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jambi.

“Ini permintaan yang kedua kalinya yang masuk kepada BPJS Kesehatan Cabang Jambi yang diajukan oleh Kantor BKD, sehingga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan kami hadirkan MCS-OC ke tengah-tengah kegiatan rutin para pegawai BKD Provinsi Jambi,” ujarnya.

Suharyanto, salah seorang Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada BKD Provinsi Jambi yang menyatakan kepuasannya mendapatkan pelayanan pendaftaran kepesertaan program JKN-KIS melalui MCS-OC. Dirinya mengaku sudah menantikan layanan BPJS Kesehatan untuk dapat hadir kekantornya, sehingga ketika kesempatan itu datang ia dengan penuh semangat langsung mengambil posisi antrean.

“Sudah lama saya menanti kegiatan ini, karena semenjak SK CASN saya keluar di awal 2021, kami sudah diminta untuk melakukan pengurusan kepesertaan program JKN-KIS kami masing-masing, namun karena belum memiliki waktu luang saya belum sempat mengurus kepesertaan saya. Beruntung kegiatan MCS-OC BPJS Kesehatan hadir di sini sehingga saya tidak perlu hadir ke kantor cabang BPJS Kesehatan,” sebut pria yang akrab dipanggil Anto ini.

Anto mengakui, proses kepengurusan kepesertaan milik nya berlangsung cepat dan diselesaikan saat itu juga, beruntung semua persyaratan yang dibutuhkan sudah ia sediakan, sehingga tidak menunggu waktu lama kepesertaan Program JKN-KIS Anto pun terdaftar dan berubah menjadi CASN, Anto pun mengapresiasi layanan yang ia terima sungguh memuaskan dan petugas yang melayani pun ramah menanggapi kebutuhan peserta.

Baca Juga: Pemerintah Provinsi Banten Tambah 500.000 jiwa ke Dalam Program JKN-KIS

MCS-OC BPJS Kesehatan Cabang Jambi dapat hadir di wilayah Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi dengan ketentuan jumlah transaksi atau layanan minimal dilakukan untuk 10 Kartu Keluarga, artinya perwakilan masyarakat/Tokoh Adat dan/atau Ketua Rukun Tetangga (RT) atau pimpinan instansi dapat menghubungi nomor petugas BPJS Kesehatan Cabang Jambi di Nomor 08117410401, untuk melakukan penjadwalan kegiatan MCS-OC ditempat.

Komentar